Selasa, 06 Oktober 2009

TARJAMATUL QUR’AN LIL WALAD

Pendahuluan

Harga: Rp. 15.000
Seperti diketahui bahwa Al Qur’an diturunkan oleh Allah SWT menggunakan bahasa Arab. Di masyarakat Indonesia sudah terbentuk prasangka bahwa mempelajari bahasa Arab merupakan hal yang sangat sulit kalau tidak dikatakan hal yang mustahil. Dengan dua kajian ilmu: Nahwu dan Sharaf , banyak orang yang baru mendengarnya saja sudah alergi. Fakta ini membuat sulit untuk memberikan pemahaman Agama pada sumber aslinya. Membumikan Al Qur’an dalam artian nilai-nilai Al Qur’an dapat terserap oleh umat dan dipraktekan dalam keseharian masih merupakan wacana yang belum tergarap dengan optimal.Yayasan MantiQu dengan berbagai macam keterbatasan ingin mendorong generasi yang akrab dengan Al Qur’an. Pandai menterjemahkan Al Qur’an dan mampu menyerap nilai-nilai Al Qur’an yang pada akhirnya teraplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. MantiQu terdorong untuk membuat sistem didalam menterjemahkan Al Qur’an. Sistem dan metode ini dinamakan TAQWA singkatan dari Tarjamatul Qur’an lil Walad. Mudah-mudahan metode ini membuat orang akrab dengan dunia Al Qur’an.

Pengenalan

TAQWA merupakan metode yang menitik beratkan pada kemampuan menterjemahkan Al Qur’an dengan cara sistematis. Metodologi pembuatan sistem ini adalah;

  1. Penguasaan kosa kata Al Qur’an
  2. Penguasaan Tatabahasa Bahasa Arab
  3. Aturan-aturan terjemah ke dalam bahasa Indonesia
Tiga masalah ini berusaha dipecahkan secara perlahan-lahan oleh Taqwa dan diramu menjadi enam buku.

Kosa kata Al Qur’an menurut Fuad Abdul Baqiy dalam “ Al Mu’jam Al Mufahras li Al Fadzil Qur’an Al Kariim-” berjumlah: 77.439 kata, sedangkan jika tanpa pengulangan dan tanpa kalimat hurup berjumlah 1.729 kata. Kata-kata inilah yang kemudian menjadi kajian metode TAQWA untuk dihafal. Taqwa membagi penghapalan kosa ini dalam enam buku yang langsung dipraktekan dalam pembacaan.

Jilid 1: berisi kosa kata surat Al Fatikhah – Asy Syams = 288 kosa kata; Jilid 2: berisi kosa kata Al Balad –An Naba’ = 400 kosa kata; Jilid 3: berisi kosa kata surat Al Baqarah dari ayat 1– 141 = 423 kosa kata; Jilid 4: berisi kosa kata Surat Al Baqarah ayat 142 – 286 = 352 kosa kata; Jilid 5: berisi kosa kata dari surat Ali Imran – surat Al Isra = 437 kosa kata; Jilid 6: berisi kosa kata dari surat Al Kahfi – Al Mursalat = 443 kosa kata.

Jumlah Kosa Kata yang dikumpulkan oleh Taqwa dalam enam buku adalah 2343 kata.

Masalah Tata Bahasa oleh Taqwa dikemas dengan kaidah-kaidah sederhana dan langsung dipraktekan pada surat-surat Al Qur'an, setiap dua kaidah dilakukan Latihan sebagai barometer penguasaaan Kaidah tersebut.

Jilid 1: Kaidah pengenalan jenis kata = 12 kaidah; Jilid 2: Kaidah mengenal kata-kata kerja = 10 kaidah; Jilid 3: Kaidah mengenal pola-pola kata = 8 kaidah; Jilid 4: Kaidah mengenal kedudukan pokok kalimat = 12 Kaidah; Jilid 5: Kaidah mengenal kedudukan kata pelengkap = 12 kaidah; dan Jilid 6: Kaidah mengenal kaidah-kaidah menterjemahkan Al Qur’an dengan baik dan benar = 15 kaidah.

Dalam mencapai target pembelajaran dibuat beberapa Kartu sebagai kontrol pembelajaran. Kartu prestasi Taqwa untuk santri dan Kartu Prestasi Hafalan Taqwa untuk santri yang ingin naik kepada Taqwa jilid selanjutnya. Mudah-mudahan usaha ini mampu membuat generasi yang akrab dengan Al Qur'an. Insya Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar