Selasa, 06 Oktober 2009

KB3Q

KARTU BELAJAR, BERMAIN dan BERCERITA AL QUR’AN (KB3Q)

Harga: Rp. 20.000

Latar Belakang

Rasulullah saw. telah bersabda: “ Didiklah anak kalian dalam tiga hal: mencintai Nabi, mencintai keluarga Nabi dan mempelajari Al Qur’an”. Memasukan nilai-nilai Al Qur’an kepada putera-puteri kita sejak dini adalah sesuatu yang sangat penting. Disisi yang lain dunia anak adalah dunia bermain. Permainan yang ada sekarang ini belum mampu menjadi media untuk belajar memahami nilai-nilai Al Qur’an. Bermain mereka adalah murni bermain dalam artian permainan yang ada belum mampu mengantar mereka dalam pembentukan nilai-nilai agama dan akhlak. Keprihatinan dan keinginan inilah yang mendorong Yayasan MantiQu Al Kariim untuk membuat metode Kartu Belajar, Bermain dan Bercerita Al Qur’an (KB3Q). Dengan Metode ini diharapkan dunia bermain mereka diisi dengan nilai-nilai Al Qur’an. Nilai yang sangat dibutuhkan untuk mendorong terbentuknya Generasi Qur’an.

Metode KB3Q dibuat mempertimbangkan dan mengingat beberapa hal:

Rasional

Kehidupan dan Peradaban manusia muslim senantiasa mengalami perubahan. Dalam merespon fenomena itu, manusia berpacu mengembangkan kualitas pendidikan, salah satunya melalui penyempurnaan kurikulum. Kualitas pendidikan yang tinggi diperlukan untuk menciptakan kehidupan yang cerdas, damai, terbuka, demokratis dan mampu bersaing

Pengertian

KB3Q adalah kepanjangan dari Kartu Belajar, Bermain dan Bercerita Al Qur’an yang merupakan metode berjenjang untuk memahami Al Qur’an dengan komfrehensif dan menyeluruh. KB3Q merupakan media untuk memahami Al Qur’an sejak dini (5-10 tahun).

Fungsi dan Tujuan

Metode KB3Q memiliki fungsi sebagai berikut:

  1. Pengembangan yaitu meningkatkan apresiasi anak-anak muslim terhadap kitab sucinya sehingga diharapkan para santri dapat meyakini kebenaran petunjuk Al Qur’an sejak dini.

  2. Perbaikan yaitu memperbaiki kesalahan-kesalahan dalam keyakinan, pemahaman dan pengamalan ajaran Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari sejak dini.

  3. Pencegahan yaitu menangkal hal-hal negative dari lingkungan atau budaya yang dapat membahayakan keimanan seorang muslim sejak dini

  4. Pembiasaan, yaitu menyampaikan pengetahuan, pendidikan dan penanaman nilai-nilai Al Qur’an sebagai petunjuk dan pedoman dalam seluruh kehidupannya sejak dini
    KB3Q bertujuan agar santri bergairah untuk memahami Al Qur’an.

Pengenalan


Metode Kartu Belajar, Bermain dan Bercerita Al Qur’an adalah sebuah metode untuk memahami Al Qur’an yang disesuaikan dengan dunia anak. Metode ini diperkenalkan kepada anak dengan menggunakan kartu yang berisi berbagai macam informasi mengenai Al Qur’an. Kartu dibuat sebanyak 114 buah sesuai dengan jumlah surat dalam Al Qur’an.

Al Hajj = nama surat ;

Al Hajj (22), Al Jumu'ah (62), Al Munafiquun (63), Al Insaan (76) = Kelompok Kuartet

078 = jumlah ayat ; 22 = nomor surat

1. Makiyyah sebanyak 86 kartu:

  • 21 kelompok kuartet dan

  • dua kartu (Al Fatikhah dan Al Ikhlas) tidak mempunyai kelompok kuartet.

  • Kartu kelompok Makkiyah diberi warna hijau

2. Madaniyyah sebanyak 28 kartu:

  • 7 kelompok kuartet.

  • Kartu kelompok Madaniyyah diberi warna biru.

Kartu ini pun mengandung beberapa informasi mengenai Al Qur’an yang lain, seperti visualisasi nama surat; kandungan suatu surat; latar belakang penamaan suatu surat; jumlah ayat dalam satu surat serta nomor surat dalam urutan mushaf. Permainan yang dapat dilakukan dengan kartu ini sebanyak hampir 50 permainan:

  1. Permainan 1-5

  2. Permainan 6-10

  3. Permainan 11-15

  4. Permainan 16-20

  5. Permainan 21-25

  6. Permainan 26-30

  7. Permaianan 31-35
  8. Permaianan 36-40
  9. Permaianan 41-45

  10. Permaianan 46-50

1 komentar:

  1. sungguh, semoga penciptaan berbagai metode u mendekatkan manusia pd AL-QUR'AN amal yg luar biasa

    BalasHapus