Minggu, 18 Oktober 2009

Sholat Perjalanan (Qoshr dan Jamak)

Shalat  dalam Perjalanan dan Sha

101.  Dan apabila kamu bepergian di muka bumi, Maka tidaklah Mengapa kamu men-qashar[343] sembahyang(mu), jika kamu takut diserang orang-orang kafir. Sesungguhnya orang-orang kafir itu adalah musuh yang nyata bagimu. (An Nissa' -4-)

 

[343]  menurut pendapat Jumhur arti qashar di sini ialah: sembahyang yang empat rakaat dijadikan dua rakaat. Mengqashar di sini ada kalanya dengan mengurangi jumlah rakaat dari 4 menjadi 2, yaitu di waktu bepergian dalam keadaan aman dan ada kalanya dengan meringankan rukun-rukun dari yang 2 rakaat itu, yaitu di waktu dalam perjalanan dalam keadaan khauf. dan ada kalanya lagi meringankan rukun-rukun yang 4 rakaat dalam keadaan khauf di waktu hadhar.

 

و حَدَّثَنَاه أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَمُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ كِلَاهُمَا عَنْ غُنْدَرٍ قَالَ أَبُو بَكْرٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ غُنْدَرٌ عَنْ شُعْبَةَ عَنْ يَحْيَى بْنِ يَزِيدَ الْهُنَائِيِّ قَالَ سَأَلْتُ أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ عَنْ قَصْرِ الصَّلَاةِ فَقَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا خَرَجَ مَسِيرَةَ ثَلَاثَةِ أَمْيَالٍ أَوْ ثَلَاثَةِ فَرَاسِخَ شُعْبَةُ الشَّاكُّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ(مسلم)

 

Telah menceritakan kepada kami (1) Abu Bakr bin Abi Syaibah dan Muhammad bin Basyar dari (2) Gundar, berkata (1) Abu Bakr telah menceritakan kepada kami (2) Muhammad bin Ja’far Gundar dari (4) Syu’bah dari (5) Yahya bin Yazid Al Huna’i , katanya: Aku bertanya pada (6) Anas bin Malik mengenai Qashar shalat, maka katanya: Rasulullah saw jika keluar berjarak tiga mil atau tiga farshaf, belaiu shalat dua rakaat (HR. Muslim -1116-)

 

و حَدَّثَنِي حَرْمَلَةُ بْنُ يَحْيَى أَخْبَرَنَا ابْنَ وَهْبٍ أَخْبَرَنِي يُونُسُ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ قَالَ أَخْبَرَنِي سَالِمُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ أَنَّ أَبَاهُ قَالَ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَعْجَلَهُ السَّيْرُ فِي السَّفَرِ يُؤَخِّرُ صَلَاةَ الْمَغْرِبِ حَتَّى يَجْمَعَ بَيْنَهَا وَبَيْنَ صَلَاةِ الْعِشَاءِ (مسلم)

Telah menceritakan kepada saya (1) Harmalah bin Yahya, telah mengkhabarkan kepada kami (2) Ibn Wahab, telah mengabarkan kepada saya (3) Yunus dari (4) Ibn Shihab, katanya telah mengabarkan kepada saya (5) Salim bin Abdillah bahwa (6) Ayahnya berkata: Aku melihat Rasulullah saw mengakhirkan shalat Maghrib hingga beliau menjamak dengan shalat Isya(HR. Muslim -1142-)

 

و حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا الْمُفَضَّلُ يَعْنِي ابْنَ فَضَالَةَ عَنْ عُقَيْلٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا ارْتَحَلَ قَبْلَ أَنْ تَزِيغَ الشَّمْسُ أَخَّرَ الظُّهْرَ إِلَى وَقْتِ الْعَصْرِ ثُمَّ نَزَلَ فَجَمَعَ بَيْنَهُمَا فَإِنْ زَاغَتْ الشَّمْسُ قَبْلَ أَنْ يَرْتَحِلَ صَلَّى الظُّهْرَ ثُمَّ رَكِبَ (مسلم)

 

Telah menceritakan kepada kami (1) Qutaibah bin Saiid, telah menceritakan kepada kami (2) Mufadhol (Ibn Fadholah) dari (3) Uqail dari (4) Ibn Shihab dari (5) Ana bin Malik, katanya: Rasulullah saw jika berangkat sebelum tergekincir matahari, beliau mengakhirkan shalat Zhuhur hingga di gabung dengan Ashar, tapi jika matahari telah tergelincir, beliau melakukan shalat Zhuhur lalu berangkat (HR. Muslim -1143-)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar