Minggu, 11 Oktober 2009

Kebajikan dan Dosa

عَنِ النَّوَّاسِ بْنِ سَمْعَانَ رَضِي اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ قَالَ: اَلْبِرُّ حُسْنُ الْخُلُقِ , وَالْإِثْمُ مَا حَاكَ فِى نَفْسِكَ وَكَرِهْتَ أَنْ يَطَّلِعَ عَلَيْهِ النَّاسُ (رواه مسلم) . وَعَنْ وَابِصَةَ ابْنِ مَعْبَدٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : أَتَيْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ : جِئْتَ تَسْأَلُ عَنِ الْبِرِّ ؟ قُلْتُ : نَعَمْ . فَقَالَ : اِسْتَفْتِ قَلْبَكَ , اَلْبِرُّ مَااطْمَأَنَّتْ إِلَيْهِ النَّفْسُ وَاطْمَأَنَّ إِلَيْهِ الْقَلْبُ , وَاْلإِثْمُ مَا حَاكَ فِى النَّفْسِ وَتَرَدَّدَ فِى الصَّدْرِ وَإِنْ أَفْتَاكَ النَّاسُ وَأَفْتَوكَ (حديث حسن رويناه فى مسندى الإمامين : أحمد بن حنبل والدارمى بإسناد حسن)


Dari An Nawwas bin Sam’an ra. berkata, Nabi saw, bersabda, “Kebajikan adalah akhlak yang baik, sedangkan dosa adalah segala sesuatu yang menggelisahkan jiwamu dan engkau tidak suka jika orang lain melihatnya (HR. Muslim).

Dan dari Wabishah bin Ma’bad ra. berkata: Aku datang kepada Rasulullah saw., beliau bertanya, “Apakah engkau datang untuk bertanya tentang kebajikan ?” Saya menjawab, “Ya.” Beliau bersabda, “Bertanyalah kepada hatimu sendiri, kebajikan adalah sesuatu yang membuat jiwa dan hatimu tenang sedangkan dosa adalah sesuatu yang menggelisahkan jiwa dan menimbulkan keraguan dalam hati, meskipun orang-orang memberi fatwa yang membenarkanmu.” (Ini hadist hasan yang kami riwayatkan dari musnad Imam Ahmad bin Hambal dan Musnad Imam Ad Darimi dengan sanad hasan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar