Minggu, 25 Oktober 2009

Pembalasan itu sesuai dengan perbuatan bukan menurut angan-angan

1. Pembalasan itu sesuai dengan perbuatan bukan menurut angan-angan (An Nissa': 123-126)

(Pahala dari Allah) itu bukanlah menurut angan-anganmu yang kosong dan tidak (pula) menurut angan-angan Ahli Kitab. Barangsiapa yang mengerjakan kejahatan, niscaya akan diberi pembalasan dengan kejahatan itu dan ia tidak mendapat pelindung dan tidak (pula) penolong baginya selain dari Allah. 123) Barangsiapa yang mengerjakan amal-amal saleh, baik laki-laki maupun wanita sedang ia orang yang beriman, maka mereka itu masuk ke dalam surga dan mereka tidak dianiaya walau sedikitpun. (124) Dan siapakah yang lebih baik agamanya dari pada orang yang ikhlas menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang diapun mengerjakan kebaikan, dan ia mengikuti agama Ibrahim yang lurus? dan Allah mengambil Ibrahim menjadi kesayanganNya. (125) Kepunyaan Allah-lah apa yang di langit dan apa yang di bumi, dan adalah (pengetahuan) Allah Maha meliputi segala sesuatu. (126)

2. Kebahagian yang dinikmati oleh penduduk syurga dan kesengsaraan yang dialami oleh penduduk neraka (Az Zuhruf: 68-80)

"Hai hamba-hamba-Ku, tiada kekhawatiran terhadapmu pada hari ini dan tidak pula kamu bersedih hati. (68) (Yaitu) orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami dan adalah mereka dahulu orang-orang yang berserah diri. (69) Masuklah kamu ke dalam surga, kamu dan isteri-isteri kamu digembirakan." (70) Diedarkan kepada mereka piring-piring dari emas, dan piala-piala dan di dalam surga itu terdapat segala apa yang diingini oleh hati dan sedap (dipandang) mata dan kamu kekal di dalamnya." (71) Dan itulah surga yang diwariskan kepada kamu disebabkan amal-amal yang dahulu kamu kerjakan. (72) Di dalam surga itu ada buah-buahan yang banyak untukmu yang sebahagiannya kamu makan. (73) Sesungguhnya orang-orang yang berdosa kekal di dalam azab neraka Jahannam. (74) Tidak diringankan azab itu dari mereka dan mereka di dalamnya berputus asa. (75 76. Dan tidaklah kami menganiaya mereka tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri. (76)77. Mereka berseru: "Hai Malik[1365] Biarlah Tuhanmu membunuh kami saja". dia menjawab: "Kamu akan tetap tinggal (di neraka ini)". (77)78. Sesungguhnya kami benar-benar Telah memhawa kebenaran kepada kamu tetapi kebanyakan di antara kamu benci pada kebenaran itu. (78)79. Bahkan mereka Telah menetapkan satu tipu daya (jahat), Maka Sesungguhnya kami menetapkan pula. (79)80. Apakah mereka mengira, bahwa kami tidak mendengar rahasia dan bisikan-bisikan mereka? Sebenarnya (Kami mendengar), dan utusan-utusan (Malaikat-malaikat) kami selalu mencatat di sisi mereka. (80)

3. Sumpah-sumpah yang menandaskan bahwa azab Allah pasti datang kepada orang-orang yang mendustakan dan karunianya pasti akan dilimpahkan kepada orang-orang yang takwa (Ath Thuur: 1-28)

Demi bukit, (1) dan Kitab yang ditulis, (2) pada lembaran yang terbuka, (3) dan demi Baitul Ma`mur, (4) dan atap yang ditinggikan (langit), (5) dan laut yang di dalam tanahnya ada api, (6) sesungguhnya azab Tuhanmu pasti terjadi, (7) tidak seorangpun yang dapat menolaknya, (8) pada hari ketika langit benar-benar bergoncang, (9) dan gunung benar-benar berjalan. (10) Maka kecelakaan yang besarlah di hari itu bagi orang-orang yang mendustakan, (11) (yaitu) orang-orang yang bermain-main dalam kebathilan, (12) pada hari mereka didorong ke neraka Jahannam dengan sekuat-kuatnya. (13) (Dikatakan kepada mereka): "Inilah neraka yang dahulu kamu selalu mendustakannya".(14) Maka apakah ini sihir? Ataukah kamu tidak melihat? (15) Masuklah kamu ke dalamnya (rasakanlah panas apinya); maka baik kamu bersabar atau tidak, sama saja bagimu; kamu diberi balasan terhadap apa yang telah kamu kerjakan. (16) Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam surga dan keni`matan, (17) mereka bersuka ria dengan apa yang diberikan kepada mereka oleh Tuhan mereka; dan Tuhan mereka memelihara mereka dari azab neraka. (18) (Dikatakan kepada mereka): "Makan dan minumlah dengan enak sebagai balasan dari apa yang telah kamu kerjakan", (19) mereka bertelekan di atas dipan-dipan berderetan dan Kami kawinkan mereka dengan bidadari-bidadari yang cantik bermata jeli. (20) Dan orang-orang yang beriman, dan yang anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan, Kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka, dan Kami tiada mengurangi sedikitpun dari pahala amal mereka. Tiap-tiap manusia terikat dengan apa yang dikerjakannya. (21) Dan Kami beri mereka tambahan dengan buah-buahan dan daging dari segala jenis yang mereka ingini. (22) Di dalam surga mereka saling memperebutkan piala (gelas) yang isinya tidak (menimbulkan) kata-kata yang tidak berfaedah dan tiada pula perbuatan dosa. (23) Dan berkeliling di sekitar mereka anak-anak muda untuk (melayani) mereka, seakan-akan mereka itu mutiara yang tersimpan. (24) Dan sebahagian mereka menghadap kepada sebahagian yang lain saling tanya-menanya. (25) Mereka berkata: "Sesungguhnya kami dahulu, sewaktu berada di tengah-tengah keluarga kami merasa takut (akan diazab)". (26) Maka Allah memberikan karunia kepada kami dan memelihara kami dari azab neraka. (27) Sesungguhnya kami dahulu menyembah-Nya. Sesungguhnya Dia-lah yang melimpahkan kebaikan lagi Maha Penyayang. (28)

4. Kehancuran orang yang mendustakan kebenaran dan pertanggungan jawab masing-masing manusia atas perbuatannya (An Najm: 33-62)

Maka apakah kamu melihat orang yang berpaling (dari Al Qur'an)?, (33) serta memberi sedikit dan tidak mau memberi lagi? (34) Apakah dia mempunyai pengetahuan tentang yang ghaib sehingga dia mengetahui (apa yang dikatakan)? (35) Ataukah belum diberitakan kepadanya apa yang ada dalam lembaran-lembaran Musa?, (36) dan lembaran-lembaran Ibrahim yang selalu menyempurnakan janji?, (37) (yaitu) bahwasanya seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain, (38) dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya. (39) Dan bahwasanya usahanya itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya). (40) Kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna, (41) Dan bahwasanya kepada Tuhamulah kesudahan (segala sesuatu), (42) Dan bahwasanya dialah yang menjadikan orang tertawa dan menangis, (43) Dan bahwasanya dialah yang mematikan dan menghidupkan, (44) Dan bahwasanya dialah yang menciptakan berpasang-pasangan pria dan wanita. (45) Dari air mani, apabila dipancarkan. (46) Dan bahwasanya Dia-lah yang menetapkan kejadian yang lain (kebangkitan sesudah mati), (47) Dan bahwasanya dia yang memberikan kekayaan dan memberikan kecukupan, (48) Dan bahwasanya dialah yang Tuhan (yang memiliki) bintang syi'ra, (49) Dan bahwasanya dia Telah membinasakan kaum 'Aad yang pertama, (50) Dan kaum Tsamud. Maka tidak seorangpun yang ditinggalkan nya (hidup). (51) Dan kaum Nuh sebelum itu. Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang paling zalim dan paling durhaka, (52) Dan negeri-negeri kaum Luth yang Telah dihancurkan Allah. (53) Lalu Allah menimpakan atas negeri itu azab besar yang menimpanya. (54) Maka terhadap nikmat Tuhanmu yang manakah kamu ragu-ragu? (55) Ini (Muhammad) adalah seorang pemberi peringatan di antara pemberi-pemberi peringatan yang terdahulu. (56) Telah dekat terjadinya hari kiamat. (57) Tidak ada yang akan menyatakan terjadinya hari itu selain Allah. (58) Maka apakah kamu merasa heran terhadap pemberitaan ini? (59) Dan kamu mentertawakan dan tidak menangis? (60) Sedang kamu melengahkan(nya)? (61) Maka bersujudlah kepada Allah dan sembahlah (Dia).(62)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar