Selasa, 13 Oktober 2009

Permainan 21-25

Nama Permainan: Menghitung Mundur

Sasaran:
  • Santri Usia 6 – 8 tahun
  • Waktu: 10 menit

Tujuan:

  • Mempercepat mengingat nomor surat

Bahan-bahan:

  1. Kartu B3Q
  2. Papan tulis
  3. Spidol white board / kapur tulis berwarna

Langkah-langkah:

  1. Jelaskan bahwa permainan ini melatih daya ingat lewat bilangan berupa nomor surat
  2. Mintalah salah seorang santri untuk menghitung bilangan misalnya 1 – 20
  3. Setelah itu mintalah santri lain untuk menghitung mundur bilangan tadi dengan benar, mislanya 20, 19, 18 sampai 1.
  4. Perhatikan apakah santri tersebut telah benar mengurut mundur bilangan tadi.
  5. Perhatikan pula waktu yang diperlukan, dengan menggunakan pengukur waktu (misalnya 60 detik)
  6. Permainan ini dapat diperlombakan, yaitu siapa yang dapat menyebut mundur bilangan tadi dengan benar dan paling cepat.
  7. Lakukan seleksi nominator, sehingga terpilih pesrta tercepat dan terbenar
  8. Jika sudah, tanyakan pula bilangan-bilangan itu berdasarkan nama-nama surat dalam Al Qur’an. Lakukan pula, perlombaan untuk menyebut mundur nama suratnya berdasarkan nomor urut mundur tadi.

Nama Permainan: Menyebut Inisial Nama Surat

Sasaran:

  • Santri usia 7 – 9 tahun
  • Waktu: 10 –30 menit

Tujuan :

  • Mengingat nama-nama surat lewat inisial ( nama depan) nama suratMempercepat daya ingat

Bahan-bahan:

  1. Kartu B3Q
  2. Daftar nama surat berdasarkan Abjadiyah ( Latin atau Hijaiyyah)

Langkah-langkah:

  1. Jelaskan bahwa permainan ini untuk melatih daya ingat dengan nama surat
  2. Berilah daftar nama surat berdasarkan inisial A – Z / Alif – Ya
  3. Mintalah supaya anak membaca selama tiga menit daftar tadi. Untuk lebih memusatkan perhatian, tetapkan misalnya yang akan ditanya adalah nama surat yang berinisial A – N
  4. Tutuplah lembaran daftar tadi.
  5. Selanjutnya tetapkan siap yang pertama akan ditanya. Caranya dapat dilakukan lewat membagikan kertas yang ada angkanya. Santri yang mendapat kertas adalah santri yang akan ditest
  6. Untuk menjadi perlombaan, dapat digunakan penunjuk waktu atau nilai yang paling benar jawabannya.

Nama Permainan: Keranjang Al Qur’an

  • Sasaran: Santri usia 5-7 tahun
  • Waktu: 10 menit

Tujuan:

  • Melatih kecepatan membedakan nama-nama surat atas dasar visualisasi
  • Melatih daya motorik anak dan pengenalan warna

Bahan-bahan:

  1. Kartu B3Q
  2. Tiga buah keranjang kosong diberi nama masing-masing. Misalnya A= keranjang binatang; B= keranjang Nama Nabi; C= keranjang benda-benda alam.

Langkah-langkah:

  1. Bagilah santri menjadi tiga kelompokmasing-masing berjumlah 2-3 orang. Jelaskan aturan permainannya
  2. Tentukan kelompok A, B, dan C terlebih dahulu. Tugas masing-masing adalah memindahkan kartu berwarna tadi ke keranjang A, B, C. Sesuaikan warnanya. Misalnya A=Putih, B=kuning, C=merah
  3. Setelah siap, berilah aba-aba untuk mulai. Jarak antara dus dan keranjang usahakan sekitar 4-5 meter.
  4. Setelah semua selesai, kita periksa tiap keranjang. Berapa kartu yang ada. Periksalah apakah ada yang salah ambil. Misalnya warnanya berbeda, atau warnanya sama tapi tanpa warna. Tetapkan ceriteria pemenang perlombaannya
  5. Jelaskan tiap kartu menunjukan nama surat tertentu. Hal ini dimaksudkan untuk melatih ingatan para santri.

Nama Permainan: Telepon Al Qur’an

  • Sasaran: Santri usia 5-7 tahun
  • Waktu: 5-20 menit

Tujuan:

  1. Melatih daya ingat terhadap bilangan dan Al Qur’an
  2. Melatih berkomunikasi lewat telapon


Bahan-bahan:

  1. Kartu B3Q
  2. Al Qur’an dan terjemahannya
  3. Daftar nomor surat dan ayat sebanyak mungkin sebagai nomor telepon setiap anak. Misalnya 1102 berarti surat An Nas ayat 2; 1425 berarti surat Ibrohim ayat 25 dan seterusnya
  4. Daftar nomor kode kota-kota di Jawa Barat dan sekitarnya.
  5. Telepon-teleponan dari plastik. Telepon kaleng susu yang menggunakan tali

Langkah-langkah:


1. Beritahukan bahwa akan bermain telepon-teleponan

2. Berilah contoh percakapan telepon terlebih dahulu.

Seperti berikut ini:

  • Ayah: Hallo, Assalamu’alaikum. Ini dengan nomor 1102
  • Anak:Wa’alaikum salaam.Benar, Ini dengan surat An Naas ayat 2
  • Ayah: Hanif coba bacakan ayatnya, Ya !
  • Anak: “Malikinnas”
  • Ayah: Alhamdulillah, ternyata Hanif sudah pandai. Ayah bangga!


3. Berilah setiap anak nomor-nomor telepon Al Qur’an tadi.

4. Posisikan Ustadz sebagai ayah atau ibu.

5. Mintalah setiap santri mempraktekkan seperti contoh tersebut

6. Cara lain, tambahkan kode kota untuk dihafal dan surat-surat yang sesuai dengan tingkat usianya.

7. Misalnya: 022-10502, berarti Bandung Surat Al Fiil [105] ayat 2

Panjang pendeknya isi percakapan tergantung kemampuan orang tua untuk memancing jawaban atau pertanyaan anak.

Nama Permainan: Kebun Binatangmu

Sasaran:

  • Santri usia 5-8 tahun
  • Waktu: 15 menit

Tujuan:

  1. Mengenal lingkungan kebun binatang untuk akrab dengan Al Qur’an
  2. Melatih pengamatan panca indera anak


Bahan-bahan:

  1. Kartu B3Q (Surat bernama hewan)
  2. Lingkungan kebun binatang


Langkah-langkah:

  1. Kegiatan ini sangat tepat saat rekreasi edukatif bersama anak-anak ke kebun binatang
  2. Ajaklah santri untuk mengenali berbagai macam binatang.
  3. Kaitkan dengan penyebutan binatang dalam Al Qur’an. Libatkan pula seluruh pancainderanya sehingga optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar