Selasa, 13 Oktober 2009

Permainan 26-30

Nama Permainan: Fabelisasi Kisah Al Qur’an

Sasaran:
  • Santri usia 5-9 tahun
  • Waktu: 15 menit

Tujuan:

  1. Mengenal dunia bintang lewat kisah Al Qur’an dengan teknik fabelisasi
  2. Mampu berkomunikasi/berkisah dengan cara fabelisasi.
  3. Mengingat nomor dan jumlah ayat surat-surat dlam Al Qur’an
  4. Mengenal konsep jarak (kilo meter) dan waktu (menit, jam)

Bahan-bahan:

  1. Kartu B3Q
  2. Contoh teks kisah para binatang dengan merangkaikan nama-nama surat berinisial binatang, misalnya, “Di sebuah hutan, hiduplah dengan rukun keluarga binatang. Di sana ada, keluarga semut, disebut juga An Nahl tinggal di sebuah rumah bernomor 27. Sedangkan keluarga Al Fiil nomor rumahnya 105. Keluarga Al Fiil terdiri dari 5 anggota keluarga, ayah, ibu dan 3 anak-anaknya yang lucu. Sementara itu keluarga semut lebih banyak lagi, yaitu 93 anggota. Mereka tinggal disebuah gua yang disebut Al Kahfi, yang jaraknya dari rumah keluarga Al Fiil 18 kilometer. Suatu hari, keluarga An Nahl kedatangan tamu yaitu keluarga Pak Kuda yang bernama Al Adiyat. Keluarga Pak Kuda tinggal disebuah bukit At-Thur. Perjalanan dari rumah Pak Kuda memerlukan waktu 110 jam saja atau sekitar 4 hari 4 malam dengan berjalan kaki. Keluarga Pak Kuda berjumlah 11 anggota, terdiri dari bapak, ibu dan sembilan anak-anaknya yang kuat dan gagah-gagah”.

Langkah-langkah:

  • Untuk tahap awal, sebaiknya peserta diminta untuk menyimak kisah yang disampaikan oleh orang tua atau ustadzMintalah komentar anak mengenai model cerita tersebutUntuk pertemuan selanjutnya, anak diharapkan dapat melakukan hal yang sama dengan menirukannya.

Nama Permainan: Merangkai Kisah dari Nama-nama Surat

Sasaran:

  • Santri usia 5-9 tahun
  • Waktu: 15 menit


Tujuan:

  1. Mengenalkan nama-nama surat dalam Al Qur’an
  2. Membangkitkan imajinasi dan daya ingat informasi tentang Al Qur’an

Bahan-bahan:

  1. Kartu B3Q
  2. Contoh teks kisah berdasarkan rangkaian nama-nama surat

Langkah-langkah:

  • Sampaikan bahwa anak-anak akan diajak berpetualang lewat kisah
  • Berikan contoh kisah tersebut. Misalnya, “Disebuah perbukitan yang bernama At Thur, sekitar 52 kilometer dari negeri Al Balad, hiduplah keluarga lebah bernama An Nahl yang berjumlah 128 ekor. Keluarga lebah mempunyai sahabat, yaitu keluarga smut, bernama An Naml yang tinggal tidak jauh dari keluarga An Nahl, sekitar 27 meter saja. Mereka tinggal di sebuah gua, yang bernama Al Kahfi. Pada suatu hari, keluarga An Naml kedatang tamu jauh dari negeri Saba’, kira-kira 34 ribu kilometer jauhnya. Mereka adalah keluarga Kuda Perang, yang disebut Al Adiyat. Sekeluarga kuda itu berjumlah 11 ekor, terdiri dari ayah dan ibu serta anak-anaknya yang kuat dan gagah. Mereka membawa hidangan yang disebut Al Maidah, sebagai hadiah untuk keluarga An Naml”.Aturlah waktu berkisahnya, untuk membuka kesempatan kepada anak-anak mengajukan komentar atau pertanyaan.

Nama Permainan: Ingat nomor 1-9, Ingat tentang . . .

Sasaran:

  • Santri 5-8 tahun
  • Waktu: 5-15 menit


Tujuan:

  1. Melatih imajinasi dengan bantuan bilangan 1 sampai dengan 9
  2. Mampu menghubungkan bilangan 1 s/d 9 dengan fakta-fakta dalan Al Qur’an


Bahan-bahan:

  • Kartu B3Q (Surat 1-9)

Langkah-langkah:

  1. Jelaskan maksud permainan ini, yaitu: mengajak santri mengingat sesuatu yang berhubungan dengan bilangan 1 s/d 9, dengan menentukan topik tertentu, misalnya mengenai nama-nama orang, tempat, kejadian dan sebagainya
  2. Sebagai contoh, tunjukan Kartu B3Q bertuliskan bilangan 1. Mintalah salah seorang santri memikirkan sesuatu yang berhubungan dengan angka 1 tadi. Misalnya Tuhan itu satu. Jika bilangan itu 2, misalnya, putra Ibrohim itu ada dua, yaitu Ismail dan Ishaq
  3. Lakukan hal yang sama, sampai seluruh santri mempunyai kesempatan.


Nama Pemainan: Kelipatan Nomor Surat

Sasaran:

  • Santri usia 7-9 tahun
  • Waktu: 15 menit

Tujuan:

  1. Melatih daya ingat nama dan nomor surat dalam Al Qur’an
  2. Mengenal konsep kelipatan bilangan

Bahan-bahan:

  1. Kartu B3Q
  2. Kertas HVS ukuran 5x5 cm sebanyak 50-100 lembar

Langkah-langkah:

  1. Jelaskan tentang pengertian kelipatan, misalnya kelipatan 2, 5, 10, 15 dst.
  2. Gunakan nomor surat sebagai contohnya. Mintalah salah seorang santri menulis bilangan sembarang sebagai dasar kelipatannya. Misalnya 5.
  3. Salah satu peserta harus menyebutkan dulu apa nama suratnya baru permainan dapat dimulai.
  4. Berikan setiap santri kertas putih ukuran 5x5 cm. Mintalah untuk menulis angka kelipatan dari 5.
  5. Nantinya ada yang menulis 10, 15, 20, 25 dst
  6. Minatalah santri membuat kelompok atas adasar kesamaan angka kelipatan. Misalnya ada kelompok kelipatan 3, 5, 7 dst
  7. Tugas setiap kelompok adalah mengetahui nama suratnya dan tanyakan kepada kelompok lain dengan penjelasan, tanpa menyebut nama suratnya.
  8. Tugas kelompok lain menebak apa nama suratnya. Kelompok yang dapat menjawab mendapat nilai. Hal itu bergiliran dengan kelompok lain.

Nama Permainan: Apa yang Ter- dalam Al Qur’an

Sasaran:

  • Santri usia 7-9 tahun
  • Waktu: 15 menit

Tujuan:

  1. Mengenal informasi yang ter- dalam Al Qur’an
  2. Meningkatkan daya ingat santri terhadap informasi dalam Al Qur’an

Bahan-bahan:

  1. Kartu B3Q yang Ter- dalam Al Qur’an
  2. Amplop berisi soal dan jawaban tentang yang ter- dalam Al Qur’an

Langkah-langkah:

  1. Kegiatan ini dapat dilakukan secara berkelompok, terdiri dari 3 orang per kelompok
  2. Permainan ini dapat dilakukan seperti cerdas cermat dengan topik khusus, yaitu “ Yang Ter- . . .” atau Yang Paling Banyak, Sedikit, Sering . . . dst.
  3. Beberapa contoh soal misalnya: “ Surat apa yang terbanyak jumlah ayatnya ?; “ Surat apa yang paling sedikit jumlah ayatnya ?”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar