Minggu, 25 Oktober 2009

Syurga

1. Gambaran syurga (Ar Ra'd: 35)

Perumpamaan syurga yang dijanjikan kepada orang-orang yang takwa ialah (seperti taman). mengalir sungai-sungai di dalamnya; buahnya tak henti-henti, sedang naungannya (demikian pula). Itulah tempat kesudahan bagi orang-orang yang bertakwa; sedang tempat kesudahan bagi orang-orang kafir ialah neraka. (35)

2. Syurga firdaus bagi orang yang beramal shaleh (Al Kahfi: 107-108)

Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka adalah surga Firdaus menjadi tempat tinggal, (107) mereka kekal di dalamnya, mereka tidak ingin berpindah daripadanya. (108)

3. Pahala bagi orang yang bertaqwa (Ar Rahman: 46-78)

Dan bagi orang yang takut akan saat menghadap Tuhannya ada dua surga. (46) Maka ni`mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?, (47) kedua surga itu mempunyai pohon-pohonan dan buah-buahan. (48) Maka ni`mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (49) Di dalam kedua surga itu ada dua buah mata air yang mengalir. (50) Maka ni`mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (51) Di dalam kedua surga itu terdapat segala macam buah-buahan yang berpasangan. (52) Maka ni`mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (53) Mereka bertelekan di atas permadani yang sebelah dalamnya dari sutra. Dan buah-buahan kedua surga itu dapat (dipetik) dari dekat. (54) Maka ni`mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (55) Di dalam surga itu ada bidadari-bidadari yang sopan menundukkan pandangannya, tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka (penghuni-penghuni surga yang menjadi suami mereka) dan tidak pula oleh jin. (56) Maka ni`mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (57) Seakan-akan bidadari itu permata yakut dan marjan. (58) Maka ni`mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (59) Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula). (60) Maka ni`mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (61) Dan selain dari dua surga itu ada dua surga lagi. (62) Maka ni`mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?, (63) kedua surga itu (kelihatan) hijau tua warnanya. (64) Maka ni`mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (65) Di dalam kedua surga itu ada dua mata air yang memancar. (66) Maka ni`mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (67) Di dalam keduanya ada (macam-macam) buah-buahan dan kurma serta delima. (68) Maka ni`mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (69) Di dalam surga-surga itu ada bidadari-bidadari yang baik-baik lagi cantik-cantik. (70) Maka ni`mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (71) (Bidadari-bidadari) yang jelita, putih bersih dipingit dalam rumah. (72) Maka ni`mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (73) Mereka tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka (penghuni-penghuni surga yang menjadi suami mereka) dan tidak pula oleh jin. (74) Maka ni`mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (75) Mereka bertelekan pada bantal-bantal yang hijau dan permadani-permadani yang indah.(76) Maka ni`mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (77) Maha Agung nama Tuhanmu Yang Mempunyai kebesaran dan karunia.(78)

4. Balasan terhadap orang yang bertaqwa (An Naba': 31-37)

Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa mendapat kemenangan, (31) (yaitu) kebun-kebun dan buah anggur, (32) dan gadis-gadis remaja yang sebaya, (33) dan gelas-gelas yang penuh (berisi minuman). (34) Di dalamnya mereka tidak mendengar perkataan yang sia-sia dan tidak (pula perkataan) dusta. (35) Sebagai pembalasan dari Tuhanmu dan pemberian yang cukup banyak, (36) Tuhan yang memelihara langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya; yang Maha Pemurah. mereka tidak dapat berbicara dengan Dia. (37)

5. Orang mukmin menerima catatan amalnya dari belakang dan akan dimasukan ke dalam neraka (Al Insyiqaaq: 1-9)

Apabila langit terbelah, (1) dan patuh kepada Tuhannya, dan sudah semestinya langit itu patuh, (2) dan apabila bumi diratakan, (3) dan memuntahkan apa yang ada di dalamnya dan menjadi kosong, (4) dan patuh kepada Tuhannya, dan sudah semestinya bumi itu patuh, (pada waktu itu manusia akan mengetahui akibat perbuatannya). (5) Hai manusia, Sesungguhnya kamu Telah bekerja dengan sungguh-sungguh menuju Tuhanmu, Maka pasti kamu akan menemui-Nya. (6) Adapun orang yang diberikan kitabnya dari sebelah kanannya, (7) Maka dia akan diperiksa dengan pemeriksaan yang mudah, (8) Dan dia akan kembali kepada kaumnya (yang sama-sama beriman) dengan gembira. (9)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar