Minggu, 18 Oktober 2009

Thoharoh (Mandi, Wudhu dan Tayamum)

Pertemuan Kedua Thaharah

Pertemuan Kedua Thaharah (Wudhu, Tayamum dan Mandi)

 

43.  Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu shalat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula hampiri mesjid) sedang kamu dalam keadaan junub[301], terkecuali sekedar berlalu saja, hingga kamu mandi. dan jika kamu sakit atau sedang dalam musafir atau datang dari tempat buang air atau kamu Telah menyentuh perempuan, Kemudian kamu tidak mendapat air, Maka bertayamumlah kamu dengan tanah yang baik (suci); sapulah mukamu dan tanganmu. Sesungguhnya Allah Maha Pema'af lagi Maha Pengampun (An Nisa’i-4-).

 

[301]  menurut sebahagian ahli tafsir dalam ayat Ini termuat juga larangan untuk bersembahyang bagi orang junub yang belum mandi.

 

6.  Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, Maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub Maka mandilah, dan jika kamu sakit[403] atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh[404] perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, Maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.(Al Maidah-5-)

 

[403]  Maksudnya: sakit yang tidak boleh kena air.

[404]  artinya: menyentuh. menurut Jumhur ialah: menyentuh sedang sebagian Mufassirin ialah: menyetubuhi.

 

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلَاءِ وَعُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَالْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ وَغَيْرُهُمْ قَالُوا حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ عَنْ الْوَلِيدِ بْنِ كَثِيرٍ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ جَعْفَرِ بْنِ الزُّبَيْرِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ عَنْ أَبِيهِ قَالَ سُئِلَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ الْمَاءِ وَمَا يَنُوبُهُ مِنْ الدَّوَابِّ وَالسِّبَاعِ فَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا كَانَ الْمَاءُ قُلَّتَيْنِ لَمْ يَحْمِلْ الْخَبَثَ

Telah menceritakan kepada kami (1) Muhammad bin Al A’la, Utsman bin Abi Syaybah dan Al Hasan bin Ali Ra serta yang lainnya, Mereka berkata telah menceritakan kepada kami (2) Abu Usamah dari (3) Walid bin Katsir  dari (4) Muhammad bin Ja’far bin Zubair  dari (5) Abdullah bin Abdullah bin Umar Al Khatab dari (6) Bapaknya (Abdullah bin Umar Al Khatab), beliau berkata: Rasulullah saw ditanya tentang air maka Rasulullah menjawab: Jika air sampai dua qulah tidak akan membawa kotoran (najis) (HR. Abu Daud -64-)

 

حَدَّثَنَا مَحْمُودُ بْنُ خَالِدٍ وَالْعَبَّاسُ بْنُ الْوَلِيدِ الدِّمَشْقِيَّانِ قَالَا حَدَّثَنَا مَرْوَانُ بْنُ مُحَمَّدٍ حَدَّثَنَا رِشْدِينُ أَنْبَأَنَا مُعَاوِيَةُ بْنُ صَالِحٍ عَنْ رَاشِدِ بْنِ سَعْدٍ عَنْ أَبِي أُمَامَةَ الْبَاهِلِيِّ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ الْمَاءَ لَا يُنَجِّسُهُ شَيْءٌ إِلَّا مَا غَلَبَ عَلَى رِيحِهِ وَطَعْمِهِ وَلَوْنِهِ

Telah menceritakan kepada kami (1) Mahmud bin Khalid dan Al Abbas bin Al Waliid Ad Dimasyqiyan, mereka berdua berkata telah menceritakan kepada kami (2) Marwan bin Muhammad, telah menceritakan kepada kami (3) Risydin, telah mewartakan kepada kami (6) Muawiyah bin Sholeh dari (5) Rosyid bin Sa’d dari Abi Umamah Al Bahiliy beliau berkata: Rasulullah saw bersabda: Air tidak akan najis dengan apapun kecuali jika beubah aroma, rasa dan warnanya (HR. Ibnu Majah -521-)

 

حَدَّثَنَا نَصْرُ بْنُ عَلِيٍّ الْجَهْضَمِيُّ وَبِشْرُ بْنُ مُعَاذٍ الْعَقَدِيُّ قَالَا حَدَّثَنَا بِشْرُ بْنُ الْمُفَضَّلِ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ حَرْمَلَةَ عَنْ أَبِي ثِفَالٍ الْمُرِّيِّ عَنْ رَبَاحِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِي سُفْيَانَ بْنِ حُوَيْطِبٍ عَنْ جَدَّتِهِ عَنْ أَبِيهَا قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ لَا وُضُوءَ لِمَنْ لَمْ يَذْكُرْ اسْمَ اللَّهِ عَلَيْهِ قَالَ وَفِي الْبَاب عَنْ عَائِشَةَ وَأَبِي سَعِيدٍ وَأَبِي هُرَيْرَةَ وَسَهْلِ بْنِ سَعْدٍ وَأَنَسٍ قَالَ أَبُو عِيسَى قَالَ أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ لَا أَعْلَمُ فِي هَذَا الْبَابِ حَدِيثًا لَهُ إِسْنَادٌ جَيِّدٌ

Telah menceritakan kepada kami (1) Nashar bin Ali Al Jahdhomiy dan Bisyr bin Muadz Al Aqidiy, mereka berdua berkata telah menceritakan kepada kami (2) Bisyr bin Al Mufadhol dari (3) Abdirahman bin Harmalah dari (4) Abi Tsiqol Al Murray dari Rabaah bin Abdirahman bin Abi Sufyan bin Huwaytib dari dari (5) Kakeknya dari (6) Ayahnya, beliau berkata: Rasulullah saw bersabda: Tidak berwudhu’ orang yang tidak menyebut nama Allah (HR. At Tirmidzi -25-)

 

أَعُوذُ بِكَ مِنْ هَمَزَاتِ الشَيَاطِينِ وَأَعُوذُ بِكَ رَبِّ أَنْ يَحْضُرُونَ الحَمْدُ للَّهِ الَّذِى جَعَلَ المْآءَ طَهُورًا

حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ الْأُوَيْسِيُّ قَالَ حَدَّثَنِي إِبْرَاهِيمُ بْنُ سَعْدٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ أَنَّ عَطَاءَ بْنَ يَزِيدَ أَخْبَرَهُ أَنَّ حُمْرَانَ مَوْلَى عُثْمَانَ أَخْبَرَهُ أَنَّهُ رَأَى عُثْمَانَ بْنَ عَفَّانَ دَعَا بِإِنَاءٍ فَأَفْرَغَ عَلَى كَفَّيْهِ ثَلَاثَ مِرَارٍ فَغَسَلَهُمَا ثُمَّ أَدْخَلَ يَمِينَهُ فِي الْإِنَاءِ فَمَضْمَضَ وَاسْتَنْشَقَ ثُمَّ غَسَلَ وَجْهَهُ ثَلَاثًا وَيَدَيْهِ إِلَى الْمِرْفَقَيْنِ ثَلَاثَ مِرَارٍ ثُمَّ مَسَحَ بِرَأْسِهِ ثُمَّ غَسَلَ رِجْلَيْهِ ثَلَاثَ مِرَارٍ إِلَى الْكَعْبَيْنِ ثُمَّ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ تَوَضَّأَ نَحْوَ وُضُوئِي هَذَا ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ لَا يُحَدِّثُ فِيهِمَا نَفْسَهُ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Telah menceritakan kepada kami (1) Abdul Aziz bin Abdillah Al Uways, beliau berkata telah menceritakan kepada kami (2) Ibrahim bin Sa’d dari (3) Ibn Syihab beliau berkata bahwasanya (4) Atho’ bin Yazid  telah memberi kabar padanya bahwa (5) Humron (pembantu Utsman) telah memberi kabar: bahwasanya dia melihat (6) Utsman bin Affan meminta tempat air lalu beliau membasuh tangannya 3 x  lalu beliau berkumur, menghirup air kehidung, membasuh muka, membasuh tangan sampai siku, mengusap rambut dan membasuh dua kaki sampai siku dilakukan 3x 3x lalu beliau berkata Rasulullah saw bersabda Siapa saja berwudhu seperti wudhuku yang ini lalu shalat dua rakaat maka dihapuskan dosanya yang lalu dan kemudian (HR. Bukhari -155-)

 

حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ حَاتِمِ بْنِ مَيْمُونٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مَهْدِيٍّ حَدَّثَنَا مُعَاوِيَةُ بْنُ صَالِحٍ عَنْ رَبِيعَةَ يَعْنِي ابْنَ يَزِيدَ عَنْ أَبِي إِدْرِيسَ الْخَوْلَانِيِّ عَنْ عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ ح وَحَدَّثَنِي أَبُو عُثْمَانَ عَنْ جُبَيْرِ بْنِ نُفَيْرٍ عَنْ عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ قَالَ كَانَتْ عَلَيْنَا رِعَايَةُ الْإِبِلِ فَجَاءَتْ نَوْبَتِي فَرَوَّحْتُهَا بِعَشِيٍّ فَأَدْرَكْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَائِمًا يُحَدِّثُ النَّاسَ فَأَدْرَكْتُ مِنْ قَوْلِهِ مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَتَوَضَّأُ فَيُحْسِنُ وُضُوءَهُ ثُمَّ يَقُومُ فَيُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ مُقْبِلٌ عَلَيْهِمَا بِقَلْبِهِ وَوَجْهِهِ إِلَّا وَجَبَتْ لَهُ الْجَنَّةُ قَالَ فَقُلْتُ مَا أَجْوَدَ هَذِهِ فَإِذَا قَائِلٌ بَيْنَ يَدَيَّ يَقُولُ الَّتِي قَبْلَهَا أَجْوَدُ فَنَظَرْتُ فَإِذَا عُمَرُ قَالَ إِنِّي قَدْ رَأَيْتُكَ جِئْتَ آنِفًا قَالَ مَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ يَتَوَضَّأُ فَيُبْلِغُ أَوْ فَيُسْبِغُ الْوَضُوءَ ثُمَّ يَقُولُ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُ اللَّهِ وَرَسُولُهُ إِلَّا فُتِحَتْ لَهُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ الثَّمَانِيَةُ يَدْخُلُ مِنْ أَيِّهَا شَاءَ

Telah menceritakan kepada kami (1) Muhammad bin Hatim bin Maymun beliau berkata telah menceritakan kepada kami (2) Abdurrahman bin Mahdiy beliau berkata telah menceritakan kepada kami (3) Muawiyah bin Sholeh dari (4) Rabii’ah (Ibn Yazid) dari (5) Abi Idris Al Khowlaaniy dari (6) Uqbah bin Amir.

Telah menceritakan pada saya (1) Abi Ustman dari (2) Zubair bin Nufair dari (3) Uqbah bin Amir, beliau berkata Kami biasa mengembala onta dan pada saat kami kelelahan kami beristrihat sampai menjelang malam dan kami dapati Rasulullah saw sedang bercerita kepada para sahabat lalu kami menjumpai Rasulullah saw sedang mengatakan: Tidak seorang muslim yang berwudhu lalu dia membaguskan wudunya dan berdoa (Asyhadu alla ilaha illallah wa anna muhammadan abduhu wa rasuluhu) lalu shalat dua rakaat kecuali wajib atasnya masuk syurga dari pintu mana saja yang dia kehendaki (HR. Muslim -234-)

 

أَشْهَدُ أَنْ لاَّ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُاللَّهُمَّ اجْعَلْنِى مِنَ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِى مِنَ المُتَطَهِّرِيْنَ وَاجْعَلْنِى مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar