Minggu, 18 Oktober 2009

Umrah

Umrah

 

 حَدَّثَنَا مَالِكُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ حَدَّثَنَا زُهَيْرٌ قَالَ حَدَّثَنِي زَيْدُ بْنُ جُبَيْرٍ أَنَّهُ أَتَى عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا فِي مَنْزِلِهِ وَلَهُ فُسْطَاطٌ وَسُرَادِقٌ فَسَأَلْتُهُ مِنْ أَيْنَ يَجُوزُ أَنْ أَعْتَمِرَ قَالَ فَرَضَهَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِأَهْلِ نَجْدٍ قَرْنًا وَلِأَهْلِ الْمَدِينَةِ ذَا الْحُلَيْفَةِ وَلِأَهْلِ الشَّأْمِ الْجُحْفَةَ (البخارى)

Telah menceritakan kepada kami (1) Malik bin Ismail telah menceritakan kepada kami (2) Zuhair telah menceritakan kepada saya (3) Zaid bin Zubair bahwasanya dia mendatangi (4) Abdullah bin Umar dan bertanya dari mana seseorang memulai niat berumroh ? Jawabnya: “telah mewajibkan Rasulullah SAW untuk berniat umroh dari Qrn manazil bagi orang yang datang dari arah Najd, Dzul Hulaifah bagi ahli madinah dan Zuhfah bagi ahli Syam” (Bukhari 1425)

 

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى قَالَ قَرَأْتُ عَلَى مَالِكٍ عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ رَجُلًا سَأَلَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا يَلْبَسُ الْمُحْرِمُ مِنْ الثِّيَابِ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا تَلْبَسُوا الْقُمُصَ وَلَا الْعَمَائِمَ وَلَا السَّرَاوِيلَاتِ وَلَا الْبَرَانِسَ وَلَا الْخِفَافَ إِلَّا أَحَدٌ لَا يَجِدُ النَّعْلَيْنِ فَلْيَلْبَسْ الْخُفَّيْنِ وَلْيَقْطَعْهُمَا أَسْفَلَ مِنْ الْكَعْبَيْنِ وَلَا تَلْبَسُوا مِنْ الثِّيَابِ شَيْئًا مَسَّهُ الزَّعْفَرَانُ وَلَا الْوَرْسُ (مسلم)

Telah menceritakan kepada kami (1) Yahya bin Yahya katanya Aku telah membaca atas (2) Malik dari (3) Nafi’ dari (4) Ibn Umar sesungguhnya seorang laki-laki telah bertanya kepada Rasulullah Saw: Wahai baginda apakah yang harus dipakai orang berihram ? Jawab Rasulullah SAW: “ orang ihram tidak boleh memakai baju, ikat kepala, celana, topi dan kain yang dicelup harum-haruman kecuali kalau ia tidak mempunyai terompah, maka ia boleh memakai sepati hendaklah sepatunya itu dipotong sampai dibawah mata kaki” (Muslim 2012)

 

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبَّادٍ حَدَّثَنَا حَاتِمٌ يَعْنِي ابْنَ إِسْمَعِيلَ عَنْ مُوسَى بْنِ عُقْبَةَ عَنْ سَالِمِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ وَنَافِعٍ مَوْلَى عَبْدِ اللَّهِ وَحَمْزَةَ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا اسْتَوَتْ بِهِ رَاحِلَتُهُ قَائِمَةً عِنْدَ مَسْجِدِ ذِي الْحُلَيْفَةِ أَهَلَّ فَقَالَ لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ لَبَّيْكَ لَا شَرِيكَ لَكَ لَبَّيْكَ إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لَا شَرِيكَ لَكَ قَالُوا وَكَانَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا يَقُولُ هَذِهِ تَلْبِيَةُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ (مسلم)

لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ بِعُمْرَةٍ  /  لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ بِحَجٍّ

Telah menceritakan kepada kami (1) Muhammad bin Abbad telah menceritakan kepada kami (2) Hatim (Ibn Ismail) dari  (3) Musa bin Uqbah dari (4) Salim bin Abdillah bin Umar  sesungguhnya Rasulullah SAW jika telah menaiki kendaraan di masjid Dzi Hualifah belaiu membaca talbiyah; “ Aku sambut seruan-Mu Ya Allah. Aku sambut seruan-Mu, Aku sambut seruan-Mu tidak ada sekutu bagi-Mu aku sambut seruan-Mu. Sesungguhnya segala puji, nikmat dan segenap kekuasaan adalah milik-Mu, tidak ada sekutu bagi-Mu” (Muslim 2030)

 

أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مَنْصُورٍ قَالَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ عَمْرٍو قَالَ سَمِعْتُ ابْنَ عُمَرَ وَسَأَلْنَاهُ عَنْ رَجُلٍ قَدِمَ مُعْتَمِرًا فَطَافَ بِالْبَيْتِ وَلَمْ يَطُفْ بَيْنَ الصَّفَا وَالْمَرْوَةِ أَيَأْتِي أَهْلَهُ قَالَ لَمَّا قَدِمَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَطَافَ سَبْعًا وَصَلَّى خَلْفَ الْمَقَامِ رَكْعَتَيْنِ وَطَافَ بَيْنَ الصَّفَا وَالْمَرْوَةِ وَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ (النسائى)

Telah mengabarkan kepada kami (1) Muhammad bin Manshur katanya telah menceritakan kepada kami (2) Syufyan dari (3) Umar katanya aku mendengar dari (4) Ibn Umar dan kami bertanya kepadanya tentang seseorang yang datang untuk melakukan umroh maka ia towaf tetapi tidak melakukan sai antara Sofa dan Marwah bolehkah ia mendatangi isterinya ? Ibn umar menjawab: “ ketika Rasulullah SAW tiba maka beliau Thowaf tujuh kali kemudian shalat di belakang Maqom Ibrohim dua rokaat lalu beliau Sa’i antara Shofa dan Marwah dan sesungguhnya telah ada contoh yang baik pada diri Rasulullah SAW” (An Nasa'I 2881)

 

أَخْبَرَنَا زِيَادُ بْنُ أَيُّوبَ قَالَ حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ قَالَ أَنْبَأَنَا عَاصِمٌ وَمُغِيرَةُ ح وَأَنْبَأَنَا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ قَالَ حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ قَالَ أَنْبَأَنَا عَاصِمٌ عَنْ الشَّعْبِيِّ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ شَرِبَ مِنْ مَاءِ زَمْزَمَ وَهُوَ قَائِمٌ (النسائى)

 

Telah mengabarkan kepada kami (1) Ziyad bin Ayyuub katanya telah menceritakan kepada kami (2) Husyaim katanya telah memberitakan kepada kami (3) A’shim dan Mughiroh

Telah memberitakan kepada kami (1) Yaqub bin Ibrohim katanya telah menceritakan kepada kami (2) Husyaim katanya telah memberitakan kepada kami  (3) A’shim  dari (4) Asya’bi dari (5) Ibn Abbas sesungguhnya Rasulullah SAW meminum air zamzam sambil berdiri (An Nasai 2915)

 

حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ سَلَامٍ حَدَّثَنَا سُرَيْجُ بْنُ النُّعْمَانِ حَدَّثَنَا فُلَيْحٌ عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ سَعَى النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثَلَاثَةَ أَشْوَاطٍ وَمَشَى أَرْبَعَةً فِي الْحَجِّ وَالْعُمْرَةِ (البخارى)

Telah menceritakan kepada saya (1) Muhammad bin Salam telah menceritakan kepada kami (2) Suraij bin An Nu’man telah menceritakan kepada kami (3) Fulaih dari (4) Nafi’ dari (5) Ibn Umar katanya Rasulullah SAW lari-lari kecil pada tiga putaran awal dan berjalan ketika Sai untuk haji dan Umroh” (Bukhari 1501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar