Minggu, 18 Oktober 2009

Zikir Pagi dan Sore

Doa

Doa, Wirid Pagi dan Sore

 

قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ  اللهُ الصَّمَدُ  لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدُ  وَلَمْ يَكُنْ لَّهُ كُفُوًا  أَحَدٌ   3

 

1.  Katakanlah: "Dia-lah Allah, yang Maha Esa.

2.  Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu.

3.  Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan,

4.  Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia." (Surat Al Ikhlas)

 

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ  مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ   وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ  وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِى الْعُقَدِ  وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ  3

1.  Katakanlah: "Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh,

2.  Dari kejahatan makhluk-Nya,

3.  Dan dari kejahatan malam apabila Telah gelap gulita,

4.  Dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul

5.  Dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki." (Surat Al Falaq )

 

قُلْ أَعُوذُ بِرِبِّ النَّاسِ  مَلِكِ النَّاسِ  إِلَهِ النَّاسِ  مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ  الَّذِى يُوَسْوِسُ فِى صُدُورِ النَّاسِ مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ   3

1.  Katakanlah: "Aku berlidung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia.

2.  Raja manusia.

3.  Sembahan manusia.

4.  Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi,

5.  Yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.

6.  Dari (golongan) jin dan manusia. (Surat An Naas)

 

وَقُل رَّبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِينِ   3

 

97.  Dan Katakanlah: "Ya Tuhanku Aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan syaitan.(Al Mu’minun)

 

أَفَحَسِبْتُمْ أَنَّمَا خَلَقْنَاكُمْ عَبَثًا وَأَنَّكُمْ إِلَيْنَا لاَ تُرْجَعُونَ   فَتَعَالَى اللهُ الْمَلِكُ الْحَقُّ  لآ إِلهَ إِلاَّ هُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الّكَرِيمِ  وَمَنْ يَدْعُ مَعَ اللهِ إِلَهً ءَاخَرَ لاَ بُرْهَانَ لَهُ بِهِ فَإِنَّمَا حِسَابُهُ عِنْدَ رَبِّهِ  إِنَّهُ لاَ يُفْلِحُ الْكَافِرُونَ  وَقُل رِبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَأَنْتَ خَيْرٌ الرَّاحِمِينَ

115.  Maka apakah kamu mengira, bahwa Sesungguhnya kami menciptakan kamu secara main-main (saja), dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami?

116.  Maka Maha Tinggi Allah, raja yang Sebenarnya; tidak ada Tuhan selain Dia, Tuhan (yang mempunyai) 'Arsy yang mulia.

117.  Dan barangsiapa menyembah Tuhan yang lain di samping Allah, padahal tidak ada suatu dalilpun baginya tentang itu, Maka Sesungguhnya perhitungannya di sisi Tuhannya. Sesungguhnya orang-orang yang kafir itu tiada beruntung.

118.  Dan Katakanlah: "Ya Tuhanku berilah ampun dan berilah rahmat, dan Engkau adalah pemberi rahmat yang paling baik." (Al Mu’minun)

 

 

فَسُبْحَانَ اللهِ حِينَ تُمْسُونَ وَحِينَ تُصْبِحُونَ  وَلَهُ الْحَمْدُ فِى السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَعَشِيًّا وَحِينَ تُظْهِرُونَ  يُخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ وَيُخْرِجُ الْمَيِّتَ مِنَ الْحَيِّ وَيُحْيِ الْأَرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَا  وَكَذَالِكَ تُخْرَجُونَ 

 

17.  Maka bertasbihlah kepada Allah di waktu kamu berada di petang hari dan waktu kamu berada di waktu subuh,

18.  Dan bagi-Nyalah segala puji di langit dan di bumi dan di waktu kamu berada pada petang hari dan di waktu kamu berada di waktu Zuhur[1167].

19.  Dia mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup dan menghidupkan bumi sesudah matinya. dan seperti Itulah kamu akan dikeluarkan (dari kubur). (Ar Ruum)

 

أَعُوذُ بِاللهِ السَّمِيعِ الْعَلِيمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ   3

 

وَلَوْ أَنْزَلْنَا هَذَا الْقُرْءَانَ عَلَى جَبَلٍ لَّرَأَيْتَهُ خَاشِعًا مُّتَصَدِّعًا مِّنْ خَشْيَةِ اللهِ  وَتِلْكَ الْأَمَثَالُ نَضْرِبُهَا لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُونَ  هُوَ اللهُ الَّذِى لآإِلَهَ إِلاَّ هُوَ  عَالِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ  هُوَ الرَّحْمَانُ الرَّحِيمُ   هُوَ اللهُ الَّذِى لآ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْمَلِكُ الْقُذُوسُ السَّلاَمُ الْمُؤْمِنُ الْمُهَيْمِنُ الْعَزِيزُ الْجَبَّارُ الْمُتَكَبِّرُ  سُبْحَانَ اللهِ عَمَّا يُشْرِكُونَ   هُوَ اللهُ الْخَالِقُ الْبَارِئُ الْمُصَوِّرُ  لَهُ الْأَسْمَآءُ الْحُسْنَى  يُسَبِّحُ لَهُ مَا فِى السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

21.  Kalau sekiranya kami turunkan Al-Quran Ini kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan ketakutannya kepada Allah. dan perumpamaan-perumpamaan itu kami buat untuk manusia supaya mereka berfikir.

22.  Dialah Allah yang tiada Tuhan selain Dia, yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, Dia-lah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

23.  Dialah Allah yang tiada Tuhan selain Dia, raja, yang Maha suci, yang Maha Sejahtera, yang Mengaruniakan Keamanan, yang Maha Memelihara, yang Maha Perkasa, yang Maha Kuasa, yang memiliki segala Keagungan, Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.

24.  Dialah Allah yang Menciptakan, yang Mengadakan, yang membentuk Rupa, yang mempunyai asmaaul Husna. bertasbih kepadanya apa yang di langit dan bumi. dan dialah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (Al Hasyr)

 

سَلاَمٌ عَلَى نُوحٍ فِى الْعَالَمِينَ  إِنَّا كَذَالِكَ نَجْزِى الْمُحْسِنِينَ  إِنَّهُ مِنْ عِبَادِنَا الْمُؤْمِنِينَ

 

79.  "Kesejahteraan dilimpahkan atas Nuh di seluruh alam".

80.  Sesungguhnya Demikianlah kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.

81.  Sesungguhnya dia termasuk di antara hamba-hamba kami yang beriman.  (Fushilat)

 

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ   3 x

 

  “ Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari keburukan apa saja yang yang Dia ciptakan”

بِسْمِ اللهِ الَّذِي لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فيِ اْلأَرْضِ وَلاَ فِي السَّمَاءِ ، وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ     3x

“ Dengan nama Allah, tidak memudharatkan sesuatu (yang ada) di bumi dan tidak (pula yang ada) di langit (jika) beserta nama-Nya. Dia Maha Mendengar dan Maha Mengetahui” 

اللَّهُمَّ إِنِّي أَصْبَحْتُ مِنْكَ فِي نِعْمَةٍ وَعَافِيَّةٍ وَسِتْرٍ ، فَأَتِمَّ عَلَيَّ نِعْمَتَكَ وَعَافِيَتَكَ وَسِتْرَكَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ    3 x          أَمْسَيْتُ

 

 “ Ya Allah . . . Aku bersubuh-subuh dalam kenikmatan, afiat dan perlindungan dari-Mu, sempurnakanlah nikmat-Mu atasku, serta keselamatan dan perlindungan-Mu di dunia dan di akhirat”

اللَّهُمَّ  إِنِّى أَصْبَحْتُ أُشْهِدُكَ وَأَشْهَدَ حَمْلَةُ عَرْشِكَ وَمَلاَئِكَتُكَ وَجَمِيعُ خَلْقِكَ أَنَّكَ أَنْتَ الله ُ لآ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُكَ وَرَسُولُكَ   4 x      أَمْسَيْتُ

 “ Aku bersubuh-subuh, wahai Tuhanku . . . Aku bersaksi pada-Mu, dan telah bersaksi Penjaga Arasy, Malaikat dan semua makhluk-Mu bahwa Engkaulah Allah, tiada Tuhan selain Engkau dan sesungguhnya Muhammad itu hamba-Mu dan Rasul-Mu”

 

الحَمْدُ اللهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ حَمْدًا يُوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيدَهُ   3x

 

“Segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam, dengan pujian yang memenuhi kenikmatan-Nya dan mencukupi akan pertambahan nikmat-Nya”

 

آمَنْتُ بِاللهِ الْعَظِيمِ وَكَفَرْتُ بِالْجِبْتِ وَالطَّاغُوتِ وَاسْتَمْسَكْتُ بِالْعُرْوَةِ الْوُثْقَى لاَانْفِصَامَ لَهَا وَالله ُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ  3x

 

“ Aku beriman kepada Allah yang Maha Agung, dan Aku menolak kepada Al Jibti dan Thoghut. Aku berpegang teguh kepada tali yang kuat yang tidak akan putus. Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”

 

رَضِيْتُ بِاللهِ رَبًّا ، وَبِاْلإِسْلاَمِ دِيْنًا ، وَبِمُحَمَّدٍ r نَبِيًّا وَرَسُولاً  3x

 

“Aku Ridho Allah sebagai Tuhanku, Islam agamaku dan Muhammad SAW nabi, rasulku”

 

حَسْبِىَ الله ُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ عَلَيِهِ  تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ   7 x   

 

“ Telah mencukupkan kepadaku Allah, yang tidak ada Tuhan kecuali Dia, kepada-Nya aku bertawakal. Dia adalah Tuhan Arasy yang Agung”

 

اللَّـهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ   10 x  

 

“ Ya Allah .  . . berkahilah dan beri keselamatab atas pemimpin kami Muhammad, keluarganya dan sahabatnya

 

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ فَجَأَةِ الْخَيْرِ ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ فَجَأَةِ الشَّرِّ .

 

“ Ya Allah . . . aku memohon kepda-Mu limpahan kebaikan yang tiba-tiba dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan (yang datang) dengan tiba-tiba”

 

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ ، خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِي فَاغْفِرْ لِي ، إِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ.

 

“ Ya Allah . . . Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan kecuali Engkau. Engkau telah menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu dan aku berpegang pada janji-Mu dengan sekuat tenagaku. Aku berlindung dari semua keburukan yang aku lakukan. Aku kembali pada-Mu dengan kenikmatan dari-Mu atasku dan aku kembali pada-Mu dengan membawa dosa, ampunilah aku, karena tidak ada yang mengampuni dosa kecuali Engkau”

 

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ ، عَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ ، وَأَنْتَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ ، مَا شَاءَ اللهِ كَانَ ، وَمَا لَمْ يَشَأْ لَمْ يَكُنْ ، لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ ، أَعْلَمُ أَنَّ الله َعَلىَ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ ، وَأَنَّ الله َقَدْ أَحَاطَ بِكُلِّ شَيْءٍ عِلْمًا ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ نَفْسِي ، وَمِنْ شَرِّ كُلِّ دَابَّةٍ أَنْتَ آخِذٌ بِنَاصِيَّتِهَا، إِنَّ رَبِّي عَلَى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيْمٍ .

 

“ Ya Allah . . .  Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan kecuali Engkau, kepada-Mu aku bertawakal dan Engkau adalah Tuhan Arasy yang Agung. Apa saja yang dikehendaki Allah pasti terjadi dan apa saja yang tidak dikehendaki pasti tidak akan terjadi, tidak ada daya, tidak ada kekuatan kecuali dengan ijin Allah, Yang Maha Tinggi , lagi Maha Agung. Aku mengetahui (yakin) bahwa Allah Mahakuasa atas segala sesuatu dan sesungguhnya Ilmu Allah melipti atas segala sesuatu. Aku berlindung padamu dari kejahatan diriku, dan dari kejahatan seluruh yang melata, yang sebenarnya rohnya ada dalam genggaman-Mu. Dan sesungguhnya Tuhanku di atas jalan yang (selalu berbuat) lurus (adil)

 

يَا حَيُّ يَا قَيُوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ وَمِنْ عَذَابِكَ أَسْتَجِيرُ أَصْلِحْ لِي شَأْنِي كُلَّهُ ، وَلاَ تَكِلْنِي إِلىَ نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْنٍ .

 

“ Wahai Zat Yang Maha Hidup . . .  Wahai Zat Yang Maha Berdiri Sendiri dengan rahmat-Mu aku memita bantuan dan dari siksaan-Mu aku minta diselamatkan. Perbaikilah seluruh keadaanku dan jangan Engakau tinggalkan aku meskipun sekejap mata”

 

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ .

 

“ Ya Allah . . . aku berlindung dengan-Mu dari kegundahan dan kesedihan. Aku berlindung pada-Mu dari rasa lemah dan malas. Aku berlindung pada-Mu dari sifat pengecut (pesimis) dan dari sfait kikir. Dan Aku berlindung pada-Mu dari hidup yang dirundung hutang dan dikuasai orang dengan paksa.”

 

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ اْلعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ الدَّائِمَةَ فِي دِيْنِي وَدُنْيَايَ وَأَهْلِي وَمَالِي ، اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِي ، وَآمِنْ رَوْعَاتِي ، اللًّهُمَّ احْفَظْنِي مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ وَمِنْ خَلْفِي ، وَعَنْ يَمِنِي وَعَنْ شِمَالِي ، وَمِنْ فَوْقِي ، وَأَعُوْذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِي .

 

“ Ya Allah . . . aku memohon pada-Mu akan keselamatan di dunia dan akhirat. Ya Allah  . .  aku memohon pada-Mu kemaafan dan keselamatan agamaku, duniaku, keluargaku, dan harta bendaku. Ya Allah . . .  tutupilah aibku, dan tentramkanlah aku dari rasa takut. Ya Allah . . . jagalah aku dari bagian depan, belakang, kanan, kiri, dan dia atasku. Dan aku berlindung dengan menyebut kebesarn-Mu dari terbunuh tanpa diketahui orang dari bagian bawah”

 

اللَّهُمَّ خَلَقْتَنِى وَأَنْتَ تَهْدِينِى وَأَنْتَ تُطْعِمُنِى وَأَنْتَ تُسْقِينِى وَأَنْتَ تُمِيتُنِى وَأَنْتَ تُحْيِينِى .

 

“Ya Allah . . . Engkau Penciptaku, Engkau Petunjukku, Engkau Pemberi makanku, Engkau Pemberi minumku, Engkau yang mematikan aku dan Engkau yang menghidupkan aku”

 

أَصْبَحْنَاعَلَى فِطْرَةِ الإِسْلاَمِ ، وَكَلِمَةِ الإِخْلاَصِ ، وَدِيْنِ نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ صلى الله عليه وسلم ، وَمِلَّةِ أَبِيْنَا إِبْرَاهِيْمَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَّمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ .   أَمْسَيْنَا

 

“Kami bersubuh-subuh dalam kesucian Islam, kalimat ikhlas, dalam agama Nabi kami Muhammad SAW dan dalam ajaran Ibrohim yang teguh dalam kebenaran lagi seorang muslimdan dia bukanlah golongan orang-orang musyrik” 

 

اللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا ، وَبِكَ أَمْسَيْنَا ، وَبِكَ نَحْيَا ، وَبِكَ نَمُوْتُ ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ .

 

“ Ya Allah dengan (memohon pertolongan-Mu) . . .  kami memasuki waktu subuh dan kami memasuki waktu sore. Dan dengan (pertolongan-Mu) kami hidup dan mati dan kepada-mu pegembalian

 

أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الْمُلْكُ لِلَّهِ ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِ هَذَا الْيَوْمِ فَتْحَهُ وَنَصْرَهُ وَنُورَهُ وَبَرَكَتَهُ وَهُدَاهُ ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ هَذَا الْيَوْمِ ، وَشَرِّ مَا فِيهِ .

 

“ Kami berada pada waktu subuh dan senantiasa kerajaan milik Allah. Segala puji bagi Allah. Ya Allah aku memohon pada-Mu akan limpahan kebaikan hari ini, yaitu kelapangan, kemenangan, cahaya, keberkahan dan hidayat. Dan Aku berlindung dari keburukan hari ini dan keburukan yang ada di dalamnya”

 

اللَّهُمَّ مَا أَصْبَحَ بِي مِنْ نِّعْمَةٍ أَوْ بِأَحَدٍ مِّنْ خَلْقِكَ ، فَمِنْكَ وَحْدَكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ ، فَلَكَ الْحَمْدُ وَلَكَ الشُّكْرُ.

 

“ Ya Allah . . . apa saja nikmat yang ada padaku atau yang berasal dari seseorang dari makhluk-Mu maka itu adalah dari-Mu, Engkau yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Mu. Segala puji bagi-Mu dan segala Syukur (juga) bagi-Mu”

 

عَلَى ذَالِكَ  سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ   100 x  سُبْحَانَ اللهِ الْعَظِيمِ وَبِحَمْدِهِ  100  xسُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ ِللهِ وَلاَإِلَهَ إِلاَّ الله ُ وَالله ُ أَكْبَرُ  100  x  لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله ُ، وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ ، يُحْيِي وَيُمِيْتُ ، وَهُوَ حَيٌّ لاَ يَمُوْتُ ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ  100x

Tidak ada komentar:

Posting Komentar