Minggu, 18 Oktober 2009

Shalat Khusu'

Keutamaan Shalat Khusyu

 

فِي الْقَامُوسِ ؛ الْخُشُوعُ : الْخُضُوعُ ، أَوْ قَرِيبٌ مِنْ الْخُضُوعِ ، أَوْ هُوَ فِي الْبَدَنِ ، وَالْخُشُوعُ فِي الصَّوْتِ وَالْبَصَرِ وَالسُّكُونِ وَالتَّذَلُّلِ الْخُضُوعُ تَارَةً يَكُونُ فِي الْقَلْبِ ، وَتَارَةً يَكُونُ مِنْ قِبَلِ الْبَدَنِ ، كَالسُّكُوتِ ، وَقِيلَ لَا بُدَّ مِنْ اعْتِبَارِهِمَا ، حَكَاهُ الْفَخْرُ الرَّازِيّ فِي تَفْسِيرِهِ ، وَيَدُلُّ عَلَى أَنَّهُ مِنْ عَمَلِ الْقَلْبِ حَدِيثُ " عَلِيٍّ " - عَلَيْهِ السَّلَامُ الْخُشُوعُ فِي الْقَلْبِ  أَخْرَجَهُ الْحَاكِمُ .قُلْت : وَيَدُلُّ لَهُ حَدِيثُ  لَوْ خَشَعَ قَلْبُ هَذَا لَخَشَعَتْ جَوَارِحُهُ  وَحَدِيثُ الدُّعَاءِ فِي الِاسْتِعَاذَةِ : وَأَعُوذُ بِك مِنْ قَلْبٍ لَا يَخْشَعُ

Di dalam Kamus Al Khusu’ maknanya sama dengan Al Khudhu’ perbedaannya jika Khusu’ terjadi pada suara, penglihatan, diam dan diri merasa rendah (hina), sedangankan Al Khudu’ adalah keadaan semuanya itu yang tertanam dalam hati. Sedangakan menurut Ar Razi di dalam Tafsirnya mengatakan: Khusyu adalah keadaan anggota tubuh yang zohir lalu kemudian berimbas kepada keadaan di dalam hati

 

14.  Sesungguhnya Aku Ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain aku, Maka sembahlah Aku dan Dirikanlah shalat untuk mengingat Aku. (Thoha)

 

45. Bacalah apa yang Telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan Dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar. dan Sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (Al Ankabuut)

 

 

حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا زَيْدُ بْنُ الْحُبَابِ حَدَّثَنَا مُعَاوِيَةُ بْنُ صَالِحٍ عَنْ رَبِيعَةَ بْنِ يَزِيدَ عَنْ أَبِي إِدْرِيسَ الْخَوْلَانِيِّ عَنْ جُبَيْرِ بْنِ نُفَيْرٍ الْحَضْرَمِيِّ عَنْ عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ الْجُهَنِيِّ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا مِنْ أَحَدٍ يَتَوَضَّأُ فَيُحْسِنُ الْوُضُوءَ وَيُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ يُقْبِلُ بِقَلْبِهِ وَوَجْهِهِ عَلَيْهِمَا إِلَّا وَجَبَتْ لَهُ الْجَنَّةُ (أبو داود)

Telah menceritakan kepada kami (1) Ustman bin Abi Syaibah, telah menceritakan kepada kami (2) Zaid bin Al Hubab, telah menceritakan kepada kami (3) Muawiyyah bin Sholih dari (4) Robiah bin Yazid dari (5) Abi Idris Al Khowlaniy dari (6) Zubair bin Nufair Al Hadromi dari (7) Uqbah bin Amir Al Juhainiy, sesungguhnya Rasulullah SAW:  beliau bersabda” tidak ada seseorang yang berwudhu lalu membaguskan wudhu’nya dan melakukan shalat dua rakaat dengan brsungguh-sunguh menghadapakan hatinya dan wajahnya kecuali wajib atasnya syurga” (Abu Daud -771-)

 

حَدَّثَنَا مَالِكُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ قَالَ حَدَّثَنَا زُهَيْرٌ قَالَ حَدَّثَنَا حُمَيْدٌ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَأَى نُخَامَةً فِي الْقِبْلَةِ فَحَكَّهَا بِيَدِهِ وَرُئِيَ مِنْهُ كَرَاهِيَةٌ أَوْ رُئِيَ كَرَاهِيَتُهُ لِذَلِكَ وَشِدَّتُهُ عَلَيْهِ وَقَالَ إِنَّ أَحَدَكُمْ إِذَا قَامَ فِي صَلَاتِهِ فَإِنَّمَا يُنَاجِي رَبَّهُ أَوْ رَبُّهُ بَيْنَهُ وَبَيْنَ قِبْلَتِهِ فَلَا يَبْزُقَنَّ فِي قِبْلَتِهِ وَلَكِنْ عَنْ يَسَارِهِ أَوْ تَحْتَ قَدَمِهِ ثُمَّ أَخَذَ طَرَفَ رِدَائِهِ فَبَزَقَ فِيهِ وَرَدَّ بَعْضَهُ عَلَى بَعْضٍ قَالَ أَوْ يَفْعَلُ هَكَذَا (البخارى)

 

Telah menceritakan kepada kami (1) Malik bin Ismail, katanya telah menceritakan kepada kami (2) Zuhair, katanya telah menceritakan kepada kami (3) Humaid dari (4) Anas bin Malik, sesungguhnya Nabi SAW melihat Dahak pada arah kiblat maka nabi membuangnya dan terlihat ketidak sukaan pada wajahnya, lalu beliau bersabda: Sesungguhnya jika seseorang shalat, berarti dia sedang bermunajat (berbicara) kepada Tuhannya; oleh karena itu janganlah ia berludah di depanya, tetapi berludah di sebelah kirinya atau dibawah telapak kakinya (Bukhari -400-)

 

حَدَّثَنَا أَبُو مَعْمَرٍ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَمْرٍو قَالَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَارِثِ قَالَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ صُهَيْبٍ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ كَانَ قِرَامٌ لِعَائِشَةَ سَتَرَتْ بِهِ جَانِبَ بَيْتِهَا فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمِيطِي عَنَّا قِرَامَكِ هَذَا فَإِنَّهُ لَا تَزَالُ تَصَاوِيرُهُ تَعْرِضُ فِي صَلَاتِي (البخارى)

Telah menceritakan kepada kami (1) Abu Ma’mar Abdullah bin Amr, katanya telah menceritakan kepada kami (2) Abdul Warits, katanya telah menceritakan kepada kami (3) Abdul Aziz bin Shuhaib dari (4) Anas bin Malik: (5) Siti Aisyah mempunyai satu tirai untuk menutup sebagian kamarnya, maka Rasulullah SAW bersabda: Singkirkanlah tiraimu ini, sebab gambar-gambarnya menggangguku di dalam shalat (Bukhari -361-)

 

حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلَاءِ الْهَمْدَانِيُّ حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ عَنْ الْوَلِيدِ يَعْنِي ابْنَ كَثِيرٍ حَدَّثَنِي سَعِيدُ بْنُ أَبِي سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيُّ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ صَلَّى بِنَا رَسُولُ اللَّهِ يَوْمًا ثُمَّ انْصَرَفَ فَقَالَ يَا فُلَانُ أَلاَّ تُحْسِنُ صَلَاتَكَ أَلَا يَنْظُرُ الْمُصَلِّي إِذَا صَلَّى كَيْفَ يُصَلِّي فَإِنَّمَا يُصَلِّي لِنَفْسِهِ إِنِّي وَاللَّهِ لَأُبْصِرُ مِنْ وَرَائِي كَمَا أُبْصِرُ مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ (مسلم)

 

Telah menceritakan kepada kami (1) Abu Kuraib Muhammad bin Al Ala Al Mahdaniy, telah menceritakan kepada kami (2) Abu Usamah dari (3) Al Walid (Ibn Katsir), telah menceritakan padaku (4) Saiid bin Abi Saiid Al Maqburiy dari (5) Bapaknya dari (6) Abi Hurairah; suatu hari kami shalat bersama Rasulullah SAW, kemudia setelah selesai beliau bersabda: “ Wahai Fulan ! mengapa engkau tidak baguskan shalatmu, bagi orang yang shalat hendaklah memperhatikan bagaimana dia shalat, ingatlah shalat itu untuk dirinya sendiri” (Muslim -642-)

 

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَأَبُو كُرَيْبٍ قَالَا حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ الْمُسَيَّبِ عَنْ تَمِيمِ بْنِ طَرَفَةَ عَنْ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيَنْتَهِيَنَّ أَقْوَامٌ يَرْفَعُونَ أَبْصَارَهُمْ إِلَى السَّمَاءِ فِي الصَّلَاةِ أَوْ لَا تَرْجِعُ إِلَيْهِمْ (مسلم)

Telah menceritakan kepada kami (1) Abu Bakr bin Abi Syaibah dan Abu Kuraib, katanya: telah menceritakan kepada kami (2) Abu Mu’awiyyah dari (3) Al A’masy dari (4) Al Musyayab dari (4) Tamim bin Thorofah dari (5) Jabir bin Samuroh, katanya: Rasulullah SAW bersabda: “ Suatu kaum hendaklah berhenti dari pada mendongakkan pandangan ke langit dalam sembahyang atau tidak akan kemabali (pandangan) itu kepada mereka” (Muslim -649-)

 

أَخْبَرَنِي عَمْرٌو النَّاقِدُ وَزُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ وَأَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ قَالُوا حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا حَضَرَ الْعَشَاءُ وَأُقِيمَتْ الصَّلَاةُ فَابْدَءُوا بِالْعَشَاءِ (مسلم)

 

Telah mengabarkan kepadaku (1) Amr An Naqid, Zuhair bin Harab dan Abu Bakr bin Abi Syaibah, katanya: telah menceritakan kepada kami (2) Syufyan bin Uyaynah dari (3) Az Zuhri dari (4) Anas bin Malik dari Nabi SAW, beliau bersabda: “ jika telah dihadirkan makan malam maka makanlah makan malam tersebut” (Muslim -866-)

 

أَخْبَرَنَا الفَضْلُ بْنُ الْحُبَابِ ، قَالَ : حَدَثَنَا الْقَعْنَبِي ، عَنْ مَالِكٌ ، عَنْ أَبِي الزِّنَادِ ، عَنِ الْأَعْرَجِ ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى الله ُعَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : إِذَا نُوْدِيَ لِلصَّلَاةِ أَدْبَرَ الشَّيْطَانُ لَهُ ضُرَّاطٌ  حَتىَّ لاَ يَسْمَعَ النِّدَاءَ ، فَإِذَا قَضَي النِّدَاءَ ، أَقْبَلَ حَتىَّ إِذاَ ثَوَّبَ بِالصَّلَاةِ ، أَدْبَرَ ، حَتىَّ إِذَا قَضَي التَّثْوِيْبُ ، أَقْبَلَ حَتىَّ يَخْطُرُ بَيْنَ الْمَرْءِ وَنَفْسِهِ ، يَقُوْلُ : اذْكُرْ كَذَا ، اذْكُرْ لِمَا لَمْ يَكُنْ يَذْكُرُ ، حَتىَّ يُصَلِّيَ الرَّجُلُ لاَ يَدْرِي كَمْ صَلَّى (ابن حبان)

Telah mengabarkan kepada kami (1) Al Fadl bin Hubab, katanya telah menceritakan kepada kami (2) Al Qo’nabiy dari (3) Malik dari (4) Abi Zinad dari (5) Al A’roj dari (6) Abi Hurairah, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: “Jika azan telah dikumandangkan Syetan akan mengeluarkan suaru kentutnya yang besar sambil berlari hingga banyak orang seolah-olah tidak mendengar suara azan. Jika azan telah selesai Syetan kembali lagi hingga iqomat di kumandangakan dan orang bersiap-siap untuk shalat maka ketika orang telah sholat Syetan kembali membisikan dan mengganggu sambil berkata: “ingatlah anu . . . anu, ingatlah yang apa-apa pernah dilupakan, sampai pada akhirnya untuk tidak mengerti berapa rokaat dia telah sholat” (Ibn Hibban -1784-)

 

أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا أَبُو خَالِدٍ عَنْ هِشَامٍ عَنِ ابْنِ سِيرِينَ عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ : نَهَى رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- أَنْ يُصَلِّىَ الرَّجُلُ مُخْتَصِراً (الدارمى)

Telah mengabarkan kepada kami (1) Abdullah bin Saiid, telah menceritakan kepada kami (2) Abu Khalid dari (3) Hisyam dari (4) Ibn Sirin dari (5) Abi Hurairoh, katanya: Rasulullah SAW telah melarang seseorang sholat berkacak pinggang” (Ad Daromi -1479-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar