Senin, 19 Oktober 2009

GBPP Taqwa

KURIKULUM MdQ dan GARIS-GARIS BE

KURIKULUM MdQ dan GARIS-GARIS BESAR PENGAJARAN (GBPP)
TAQWA Semester 1

Tujuan Kurikulum Tujuan instruksional khusus Bahan Pengajaran Program Metode Sarana / Sumber Penilaian Ketetangan
Pokok Bahasan Uraian bln Mg
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

Santri memahami dan menghayati Al Qur’an sebagai kitab suci, dan menjadi tujuan untuk bisa menterjemahkan dan memahaminya agar dapat mengambil nilai-nilai yang tercantum pada Al Qur’an untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari dalam membentuk keimanan dan akhlak

1. santri mampu mengenal jenis-jenis kalimat dalam Al Qur’an

1. Kalimat Arab atau Al Qur’an kata-katanya terdiri dari Al Ismu, Al Fi’lu dan Al Harfu

-  Latihan mengenal jenis-jenis kata

1 1 Latihan, tanya-jawab, Buku Taqwa 1 tes lisan, tes perbuatan, tugas pada kolom 7 pilih yang cocok
2. Tanda-tanda Al Ismu: Alif-Lam, tanwin dan idhofat - Latihan mengenal tanda-tanda kata 2 sda sda sda
3. Perubahan tanwin (kata tunggal) menjadi jamak - latihan mengenal makna jamak dan makna dua 3-4 sda sda sda

2. santri mampu membedakan jenis-jenis kata yang tetap (mabni) seperti huruf

1. Kata menunjukan kata ganti (isim dhomir) - latihan mengenal isim dhomir 2 1-2 sda sda sda
2. kata menunjukan kata sambung (maushul) - latihan mengenal isim maushul 2-3 sda sda sda
3. kata menunjukan kata tunjuk - Latihan mengenal kata tunjuk 3-4 sda sda sda

3. santri mampu memahami tentang Fi’lul Madhi dengan tanda-tandanya yang terdapat pada akhir kata.

1. Al Fi’lul madhi dengan tandanya pada akhir kata - latihan mengenal fi’lul madhi 3 1-2 sda sda sda
2. Perubahan Fi’lul madhi menunjukan perubahan subjeknya - Latihan merubah-rubah fi’lul mudhori’ dengan subjeknya 3-4 sda sda sda
3. membuat kalimat fasif pada fi’lul madhi - Latihan membuat kalimat fasif madhi 4 1-4 sda sda sda

4. santri mampu memahami tentang Fi’lul Mudhori’ dengan tanda-tandanya yang terdapat pada awal dan akir kata dan perubahan I’rabnya

1. Al Fi’lul Mudhori’ dengan tandanya pada awal dan akhir kata. - Latihan mengenal Filul Mudhori’ 5 1-2 sda sda sda
2. Perubahan Fi’lul Mudhori’ itu menunjukan perubahan subjeknya - Latihan merubah-rubah fi’lul mudhori’ dengan subjeknya 3-4 sda sda sda
3. Al Fi’lul mudhori’ juga berubah I’rabnya dengan huruf yang memasukinya - Latihan merubah I’rab fi’lul mudhori’ dengan huruf yang menyertainya 6 1-2 sda sda sda
4. membuat kalimat fasif pada fi’lul mudhori’ - latihan membuat kalimat fasif mudhori’ 3-4 sda sda sda

 

KURIKULUM MdQ dan GARIS-GARIS BESAR PENGAJARAN (GBPP)
TAQWA Semester 2

Tujuan Kurikulum Tujuan instruksional khusus Bahan Pengajaran Program Metode Sarana / Sumber Penilaian Ketetangan
Pokok Bahasan Uraian bln Mg
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

SSantri memahami dan menghayati Al Qur’an sebagai kitab suci, dan menjadi tujuan untuk bisa menterjemahkan dan memahaminya agar dapat mengambil nilai-nilai yang tercantum pada Al Qur’an untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari dalam membentuk keimanan dan akhlak

1. Santri mampu memahami tentang fi’lul amr dengan tanda-tandanya dan Santri mampu untuk membuat Fi’lul Amr dari Fi’lul Mudhori’

1. Tanda-tanda fi’lul amr baik yang dia awal maupun diakhir

-  Latihan-latihan mengenal fi’il amr melalui tanda-tandanya

1 1-2 Latihan, tanya-jawab, Buku Taqwa 2 tes lisan, tes perbuatan, tugas pada kolom 7 pilih yang cocok
2. Perubahan fi’il amr dalam perbedaan orang yang diperintahnya - latihan merubah fi’il amr disesuaikan dengan orang yang diperintahnya 2-3 sda sda sda
3. cara membuat fi’il amr dari fi’il mudhore’ - latihan membuat fi’il amr dari fiil mudhore’ 3-4 sda sda sda

2. Memahami bentuk-bentuk kata dalam bahasa Arab (Shohih-Mu’tal)

1. jenis-jenis mu’tal - latihan mengenal jenis-jenis mu’tal 2 1-2

 

sda sda sda
2. perubahan-peruba-han baca dalam bentuk mu’tal (fi’il madhi) - latihan merubah mu’tal pada fi’il madhi sda sda sda
3. perubahan-peruba-han baca dalam bentuk mu’tal (fi’il mudhori) - latihan merubah mu’tal pada fi’il mudhore 3-4 sda sda sda

3. Memahami kata benda jamak tak beraturan (jamak taksir)

1. pengertian jamak taksir - latihan mengenal jamak taksir 3

 

1-2 sda sda sda
sda sda sda
2. pola-pola jamak taksir - latihan pola-pola jamak taksir 3-4 sda sda sda

4. Memahami kalimat isim tanpa tanwin (ghoir munshorif)

1. jenis-jenis isim ghoir munshorif - latihan mengenal isim ghoir munshorif 4 1-2 sda sda sda
2. pola-pola isim ghoir munshorif - latihan dan menghafal pola isim ghoir munshorif 3-4 sda sda sda
5. Memahami kata benda lima (Asma’ul khomsah) 1. macam-macam asma’ul khomsah - latihan mengenal dan menghafal asma’ul khomsah 5 1-4 sda sda sda
6. Memahami huruf-huruf dalam Al Qur’an 1. huruf khafadz dan huruf athof - latihan menggunakan huruf khafadz dan huruf athof pada Al Qur’an 6 1 sda sda sda
2. huruf taukhid - latihan mengguna-kan huruf taukhid pada Al Qur’an 2
3. huruf istisna’ - latihan mengguna-kan huruf istisna pada Al Qur’an 3
4. huruf istifham - latihan mengguna-kan huruf istifham dalam Al Qur’an 4

 

KURIKULUM MdQ dan GARIS-GARIS BESAR PENGAJARAN (GBPP)
TAQWA Semester 3

Tujuan Kurikulum Tujuan instruksional khusus Bahan Pengajaran Program Metode Sarana / Sumber Penilaian Ketetangan
Pokok Bahasan Uraian bln Mg
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

Santri memahami dan menghayati Al Qur’an sebagai kitab suci, dan menjadi tujuan untuk bisa menterjemahkan dan memahaminya agar dapat mengambil nilai-nilai yang tercantum pada Al Qur’an untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari dalam membentuk keimanan dan akhlak

1. Santri mampu memahami pola-pola fi’il madhi dan fi’il mudhore (Tsulasi Mujarod)

1. Perubahan baris huruf ain fi’il pada fi’il madhi 

-  latihan untuk mengenal dan memahami fi’il madhi mujarod (asli)

1 1-2 Latihan, tanya-jawab, Buku Taqwa 3 tes lisan, tes perbuatan, tugas pada kolom 7 pilih yang cocok
sda sda sda
2. Baris fathah pada huruf mudhoro’ah dan perubahan baris ain fi’il pada fi’il mudore - latihan mengenal dan memahami pola fi’il mudhore mujarod 3-4 sda sda sda

2. Memahami pola fi’il madhi dan fi’il mudhore (Tsulasi Mazid)

1. Tambahan satu huruf pada fi’il madhi dan pola Yu-I pada fi’il mudhore - latihan mengenal dan memahami pola mazid satu huruf baik madhi maupun mudhore 2 1-2 sda sda sda
2. Tambahan dua huruf pada fi’il madhi dan pola Ya-I pada fi’il mudhore - latihan mengenal dan memahami pola mazid dua huruf baik madhi maupun mudhore 2-3 sda sda sda
3. Tambahan tiga huruf pada fi’il madhi dan pola Ya-I pada fi’il mudhore - latihan mengenal dan memahami pola mazid tiga huruf baik madhi maupun mudhore 3-4 sda sda sda

3. Memahami pola isim fa’il dan isim maf’ul pada tsulasi mujarod dan mazid

1. Pola Aa-i atau Mu-i untuk isim fa’il (orang yang . . . / yang . . . )  - latihan mengguna-kan pola isim fa’il 3 1-2 sda sda sda
sda sda sda
2. Pola Ma-u atau Mu-a untuk isim maf’ul (orang yang di . . . / yang di . . . ) - latihan menggunakan pola isim maf’ul 3-4 sda sda sda

4. Memahami pola isim makan dan isim zaman pada tsulasi mujarod dan mazid

1. Pola yang sama untuk isim makan dan isim zaman pada majarod Ma-a atau Ma-i (tempat yang . . . / waktu yang . . .) - latihan menggunakan isim makan dan isim zaman mujaro-rod pada Al Qur’an 4

 

1-2 sda sda sda
2. Pola yang sama untuk isim makan dan isim zaman pada mazid Mu-a atau Mu-aa (tempat yang . . . / waktu yang . . .)  - latihan menggunakan isim makan dan isim jaman mazid pada Al Qur’an 3-4 sda sda sda
5. Memahami pola fi’il ta’jub (kekaguman) 1. Dua pola fi’il ta’jub: Maa- Af’ala bihi atau Af’al bihi - latihan pola ta’jub 5

 

1-4 sda sda sda
6. Memahami pola isim tafdhil (kata bertingkat) 1. Pola umum isim tafdhil Af’alu atau Fu’laa - latihan pola isim tafdhil 6 1-2 sda sda sda
2. Pola isim tafdhil yang lain - latihan pola lain dari isim tafdhil 3-4

 

KURIKULUM MdQ dan GARIS-GARIS BESAR PENGAJARAN (GBPP)
TAQWA Semester 4

Tujuan Kurikulum Tujuan instruksional khusus Bahan Pengajaran Program Metode Sarana / Sumber Penilaian Ketetangan
Pokok Bahasan Uraian bln Mg
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

Santri memahami dan menghayati Al Qur’an sebagai kitab suci, dan menjadi tujuan untuk bisa menterjemahkan dan memahaminya agar dapat mengambil nilai-nilai yang tercantum pada Al Qur’an untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari dalam membentuk keimanan dan akhlak

1. Susunan (Pokok Kalimat) Kalimat Predikat kata kerja (Fi'il – Faa'il)

1. Fi'il dan Faa'il

-  latihan untuk memahami Fi'il dan Faa'il

1 1 Latihan, tanya-jawab, Buku Taqwa 4 tes lisan, tes perbuatan, tugas pada kolom 7 pilih yang cocok
2. Faa'il isim zhohir dan isim dhomir - Latihan untuk membedak Fa'il isim dhomir dan fa'il isim dzohir 2-3 sda sda sda
3. Tanda-tanda I'rob Faa'il (Rofa") - Latihan untuk membedakan tanda-tanda rofa' 4 sda sda sda

2. Susunan (Pokok Kalimat) Kalimat Predikat kata benda (Mubtada – Khabar

1. Mubtada dan Khabar Mufrad (tunggal) - latihan untuk memahami Mubtada dan Khabar 2 1-2 sda sda sda
2. Khabar Jumlah Fi'liyah dan Ismiyyah - latihan untuk memahami perbedaan khabar jumlah Fi'liyyah dan jumlah Ismiyyah 3 3-6 sda sda sda
3. Khabar Syibhul Jumlah (Jar-Majrur dan Dzorof) - latihan untuk khabar dengan Jar – Majrur dan Dzorof 7-8 sda sda sda

3. Huruf-huruf yang masuk pada susunan Kalimat Mubtada dan Khabar (Amil Nawasikh)

1. Kaana dan sejenisnya - latihan untuk huruf Kaana dan yang sejenis ketika masuk mubtada - khabar 4-5 1-3 sda sda sda
2. Inna dan sejenisnya - latihan untuk huruf Inna dan yang sejenis ketika masuk mubtada - khabar 4-6 sda sda sda
3. Dzonna dan sejenisnya - latihan untuk huruf Dzonna dan yang sejenis ketika masuk mubtada - khabar 7-8 sda sda sda

4. Kalimat yang I'robnya mengikuti kalimat sebelumnya

1. Athaf - Latihan untuk memahami makna Athaf 6 1- sda sda sda
2. Na'at (Sifat) - Latihan untuk memahami makna Na'at (sifat) 2 sda sda sda
3. Badal - Latihan untuk memahami Badal (pengganti) 3 sda sda sda
4.Taukid (Penegas) - Latihan untuk memahami Taukid 4 sda sda sda

 

KURIKULUM MdQ dan GARIS-GARIS BESAR PENGAJARAN (GBPP)
TAQWA Semester 5

Tujuan Kurikulum Tujuan instruksional khusus Bahan Pengajaran Program Metode Sarana / Sumber Penilaian Ketetangan
Pokok Bahasan Uraian bln Mg
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

Santri memahami dan menghayati Al Qur’an sebagai kitab suci, dan menjadi tujuan untuk bisa menterjemahkan dan memahaminya agar dapat mengambil nilai-nilai yang tercantum pada Al Qur’an untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari dalam membentuk keimanan dan akhlak

1. Kedudukan Pelengkap kalimat (Maf'ul) beri'rob nasab

1. Maf'ulun bihi (objek)

-  Penjelasan dan latihan untuk memahami Badal (pengganti)

1-2 1-3 Latihan, tanya-jawab, Buku Taqwa 5 tes lisan, tes perbuatan, tugas pada kolom 7 pilih yang cocok
2. Maf'ulun Muthlak (Masdar) - Penjelasan dan latihan memahami Masdar 4-6 sda sda sda
3. Perubahan tanwin (kata tunggal) menjadi jamak - Latihan memahami Dzorof Jaman 7-8 sda sda sda

2. Lanjutan Kedudukan Pelengkap

1. Maf'ulun fiihi (Dzorof Makan – Tempat) - Latihan memahami Dzorof Makan 3-4 1-3 sda sda sda
2. Maf'ulun lahu (Maf'ulun min Ajlih) - Latihan memahami Maf'ulun min Ajlih 4-6 sda sda sda
3. Maf'ulun Ma'ahu - Latihan memahami Maf'ulun Ma'ahu 7-8 sda sda sda

3. Kedudukan Pelengkap kalimat beri'rob nasab yang lainnya

1. Hal - Latihan memahami Hal 5 1-2 sda sda sda
2. Tamyiz - Latihan memahami Tamyiz 3-4 sda sda sda

4. Kedudukan Pelengkap kalimat beri'rob nasab dengan sebab huruf yang mendahu luinya.

1. Istisna - Latihan memahami Istisna 6 1-2 sda sda sda
2. Munada - Latihan memahami Munada 3 sda sda sda
3. Isim Laa nafi lil Jinsi - Latihan memahami Laa nafi lil Jinsi 4 sda sda sda

 

KURIKULUM MdQ dan GARIS-GARIS BESAR PENGAJARAN (GBPP)
TAQWA Semester 6

Tujuan Kurikulum Tujuan instruksional khusus Bahan Pengajaran Program Metode Sarana / Sumber Penilaian Ketetangan
Pokok Bahasan Uraian bln Mg
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

Santri memahami dan menghayati Al Qur’an sebagai kitab suci, dan menjadi tujuan untuk bisa menterjemahkan dan memahaminya agar dapat mengambil nilai-nilai yang tercantum pada Al Qur’an untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari dalam membentuk keimanan dan akhlak

1. Kaidah Terjemah Al Qur'an kedalam bahasa Indonesia "ditambahkan"

1. ditambahkan kata "lagi" ; ditambahkan kata "hanya"

-  latihan untuk menambahkan kata "lagi – hanya" pada terjemahan

1-2 1-2 Latihan, tanya-jawab, Buku Taqwa 6 tes lisan, tes perbuatan, tugas pada kolom 7 pilih yang cocok
2. ditambahkan kata "pula" ; ditambahkan kata "yang lain" - latihan untuk menambahkan kata "pula – yang lain" pada terjemahan 3-4 sda sda sda
3. ditambahkan kata "karena" ; ditambahkan kata "lagi" - latihan untuk menambahkan kata "karena – lagi" pada terjemahan 5-6 sda sda sda
4. ditambahkan kata "tiada" ; ditambahkan kata "saja" - latihan untuk menambahkan kata "tiada – saja" pada terjemahan 7-8      

2. Kaidah Terjemah Al Qur'an ke dalam bahasa Indonesia "dibuang"

1. huruf jar yang berbilang, makna telah pada fi'lul madhi, makna mereka dari isim maushul - latihan untuk membuang sebagian huruf jar, dan makna mereka isim maushul pada terjemahan 3 1 sda sda sda
2. makna "maa" isim maushul, makna lafadz "kaana", - latihan untuk membuang makna maa dan kaana pada terjemahan 2-3 sda sda sda
3. makna isim dhomir, makna kata penegas yang berbilang - latihan untuk membuang kata penegas pada terjemahan 4 sda sda sda

3. Kaidah Terjemah Al Qur'an ke dalam bahasa Indonesia "digeser"

1. isim isyarat jika ada Al Ismu yang ber alif-lam, makna "maa" nafi, - latihan untuk menggeser isim isyarat dan "maa nafi" pada terjemahan 4 1 sda sda sda
2. makna "maa" nafi, kalimat yang terdapat setelah hurup athaf yang berbilang - latihan untuk menggeser "maa nafi" dan kalimat setelah huruf athaf pada terjemahan 2 sda sda sda
3. makna "laa" nahyi, subjek dari kata "Kafaa" - latihan untuk menggeser subjek dari kata "kafaa" pada terjemahan 3-4 sda sda sda

4. Kaidah Terjemah Al Qur'an ke dalam bahasa Indonesia "ditukar"

1. makna "Alam" pada Fi'lul Mudhori, berbilang kata bermakna mereka - latihan untuk menukar makna "Alam" dan makna mereka pada terjemahan 5-6 1-2 sda sda sda
2. makna kata "hal", makna kata "nafi" jika bersamaan dengan huruf "illa" - latihan untuk menukar makna "hal" dan makna nafi ketika bersama dengan "illa" pada terjemahan 3-4 sda sda sda
3. makna kata "huwa" , makna kata "haqq" - latihan untuk menukar makna "huwa" dan makna "haqq" pada terjemahan 5-6 sda sda sda
4. makna kata "law", makna kata "in", makna kata lafadz "qoola" - latihan untuk menukar makna "law", "in" dan makna "qoola" pada terjemahan 7-8 sda sda sda

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar