KURIKULUM MdQ dan GARIS-GARIS BESAR PENGAJARAN (GBPP)
TAQWA Semester 1
Tujuan Kurikulum | Tujuan instruksional khusus | Bahan Pengajaran | Program | Metode | Sarana / Sumber | Penilaian | Ketetangan | ||
Pokok Bahasan | Uraian | bln | Mg | ||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 |
Santri memahami dan menghayati Al Qur’an sebagai kitab suci, dan menjadi tujuan untuk bisa menterjemahkan dan memahaminya agar dapat mengambil nilai-nilai yang tercantum pada Al Qur’an untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari dalam membentuk keimanan dan akhlak | 1. santri mampu mengenal jenis-jenis kalimat dalam Al Qur’an | 1. Kalimat Arab atau Al Qur’an kata-katanya terdiri dari Al Ismu, Al Fi’lu dan Al Harfu | - Latihan mengenal jenis-jenis kata | 1 | 1 | Latihan, tanya-jawab, | Buku Taqwa 1 | tes lisan, tes perbuatan, tugas | pada kolom 7 pilih yang cocok |
2. Tanda-tanda Al Ismu: Alif-Lam, tanwin dan idhofat | - Latihan mengenal tanda-tanda kata | 2 | sda | sda | sda | ||||
3. Perubahan tanwin (kata tunggal) menjadi jamak | - latihan mengenal makna jamak dan makna dua | 3-4 | sda | sda | sda | ||||
2. santri mampu membedakan jenis-jenis kata yang tetap (mabni) seperti huruf | 1. Kata menunjukan kata ganti (isim dhomir) | - latihan mengenal isim dhomir | 2 | 1-2 | sda | sda | sda | ||
2. kata menunjukan kata sambung (maushul) | - latihan mengenal isim maushul | 2-3 | sda | sda | sda | ||||
3. kata menunjukan kata tunjuk | - Latihan mengenal kata tunjuk | 3-4 | sda | sda | sda | ||||
3. santri mampu memahami tentang Fi’lul Madhi dengan tanda-tandanya yang terdapat pada akhir kata. | 1. Al Fi’lul madhi dengan tandanya pada akhir kata | - latihan mengenal fi’lul madhi | 3 | 1-2 | sda | sda | sda | ||
2. Perubahan Fi’lul madhi menunjukan perubahan subjeknya | - Latihan merubah-rubah fi’lul mudhori’ dengan subjeknya | 3-4 | sda | sda | sda | ||||
3. membuat kalimat fasif pada fi’lul madhi | - Latihan membuat kalimat fasif madhi | 4 | 1-4 | sda | sda | sda | |||
4. santri mampu memahami tentang Fi’lul Mudhori’ dengan tanda-tandanya yang terdapat pada awal dan akir kata dan perubahan I’rabnya | 1. Al Fi’lul Mudhori’ dengan tandanya pada awal dan akhir kata. | - Latihan mengenal Filul Mudhori’ | 5 | 1-2 | sda | sda | sda | ||
2. Perubahan Fi’lul Mudhori’ itu menunjukan perubahan subjeknya | - Latihan merubah-rubah fi’lul mudhori’ dengan subjeknya | 3-4 | sda | sda | sda | ||||
3. Al Fi’lul mudhori’ juga berubah I’rabnya dengan huruf yang memasukinya | - Latihan merubah I’rab fi’lul mudhori’ dengan huruf yang menyertainya | 6 | 1-2 | sda | sda | sda | |||
4. membuat kalimat fasif pada fi’lul mudhori’ | - latihan membuat kalimat fasif mudhori’ | 3-4 | sda | sda | sda |
KURIKULUM MdQ dan GARIS-GARIS BESAR PENGAJARAN (GBPP)
TAQWA Semester 2
Tujuan Kurikulum | Tujuan instruksional khusus | Bahan Pengajaran | Program | Metode | Sarana / Sumber | Penilaian | Ketetangan | ||
Pokok Bahasan | Uraian | bln | Mg | ||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 |
SSantri memahami dan menghayati Al Qur’an sebagai kitab suci, dan menjadi tujuan untuk bisa menterjemahkan dan memahaminya agar dapat mengambil nilai-nilai yang tercantum pada Al Qur’an untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari dalam membentuk keimanan dan akhlak | 1. Santri mampu memahami tentang fi’lul amr dengan tanda-tandanya dan Santri mampu untuk membuat Fi’lul Amr dari Fi’lul Mudhori’ | 1. Tanda-tanda fi’lul amr baik yang dia awal maupun diakhir | - Latihan-latihan mengenal fi’il amr melalui tanda-tandanya | 1 | 1-2 | Latihan, tanya-jawab, | Buku Taqwa 2 | tes lisan, tes perbuatan, tugas | pada kolom 7 pilih yang cocok |
2. Perubahan fi’il amr dalam perbedaan orang yang diperintahnya | - latihan merubah fi’il amr disesuaikan dengan orang yang diperintahnya | 2-3 | sda | sda | sda | ||||
3. cara membuat fi’il amr dari fi’il mudhore’ | - latihan membuat fi’il amr dari fiil mudhore’ | 3-4 | sda | sda | sda | ||||
2. Memahami bentuk-bentuk kata dalam bahasa Arab (Shohih-Mu’tal) | 1. jenis-jenis mu’tal | - latihan mengenal jenis-jenis mu’tal | 2 | 1-2
| sda | sda | sda | ||
2. perubahan-peruba-han baca dalam bentuk mu’tal (fi’il madhi) | - latihan merubah mu’tal pada fi’il madhi | sda | sda | sda | |||||
3. perubahan-peruba-han baca dalam bentuk mu’tal (fi’il mudhori) | - latihan merubah mu’tal pada fi’il mudhore | 3-4 | sda | sda | sda | ||||
3. Memahami kata benda jamak tak beraturan (jamak taksir) | 1. pengertian jamak taksir | - latihan mengenal jamak taksir | 3
| 1-2 | sda | sda | sda | ||
sda | sda | sda | |||||||
2. pola-pola jamak taksir | - latihan pola-pola jamak taksir | 3-4 | sda | sda | sda | ||||
4. Memahami kalimat isim tanpa tanwin (ghoir munshorif) | 1. jenis-jenis isim ghoir munshorif | - latihan mengenal isim ghoir munshorif | 4 | 1-2 | sda | sda | sda | ||
2. pola-pola isim ghoir munshorif | - latihan dan menghafal pola isim ghoir munshorif | 3-4 | sda | sda | sda | ||||
5. Memahami kata benda lima (Asma’ul khomsah) | 1. macam-macam asma’ul khomsah | - latihan mengenal dan menghafal asma’ul khomsah | 5 | 1-4 | sda | sda | sda | ||
6. Memahami huruf-huruf dalam Al Qur’an | 1. huruf khafadz dan huruf athof | - latihan menggunakan huruf khafadz dan huruf athof pada Al Qur’an | 6 | 1 | sda | sda | sda | ||
2. huruf taukhid | - latihan mengguna-kan huruf taukhid pada Al Qur’an | 2 | |||||||
3. huruf istisna’ | - latihan mengguna-kan huruf istisna pada Al Qur’an | 3 | |||||||
4. huruf istifham | - latihan mengguna-kan huruf istifham dalam Al Qur’an | 4 |
KURIKULUM MdQ dan GARIS-GARIS BESAR PENGAJARAN (GBPP)
TAQWA Semester 3
Tujuan Kurikulum | Tujuan instruksional khusus | Bahan Pengajaran | Program | Metode | Sarana / Sumber | Penilaian | Ketetangan | ||
Pokok Bahasan | Uraian | bln | Mg | ||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 |
Santri memahami dan menghayati Al Qur’an sebagai kitab suci, dan menjadi tujuan untuk bisa menterjemahkan dan memahaminya agar dapat mengambil nilai-nilai yang tercantum pada Al Qur’an untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari dalam membentuk keimanan dan akhlak | 1. Santri mampu memahami pola-pola fi’il madhi dan fi’il mudhore (Tsulasi Mujarod) | 1. Perubahan baris huruf ain fi’il pada fi’il madhi | - latihan untuk mengenal dan memahami fi’il madhi mujarod (asli) | 1 | 1-2 | Latihan, tanya-jawab, | Buku Taqwa 3 | tes lisan, tes perbuatan, tugas | pada kolom 7 pilih yang cocok |
sda | sda | sda | |||||||
2. Baris fathah pada huruf mudhoro’ah dan perubahan baris ain fi’il pada fi’il mudore | - latihan mengenal dan memahami pola fi’il mudhore mujarod | 3-4 | sda | sda | sda | ||||
2. Memahami pola fi’il madhi dan fi’il mudhore (Tsulasi Mazid) | 1. Tambahan satu huruf pada fi’il madhi dan pola Yu-I pada fi’il mudhore | - latihan mengenal dan memahami pola mazid satu huruf baik madhi maupun mudhore | 2 | 1-2 | sda | sda | sda | ||
2. Tambahan dua huruf pada fi’il madhi dan pola Ya-I pada fi’il mudhore | - latihan mengenal dan memahami pola mazid dua huruf baik madhi maupun mudhore | 2-3 | sda | sda | sda | ||||
3. Tambahan tiga huruf pada fi’il madhi dan pola Ya-I pada fi’il mudhore | - latihan mengenal dan memahami pola mazid tiga huruf baik madhi maupun mudhore | 3-4 | sda | sda | sda | ||||
3. Memahami pola isim fa’il dan isim maf’ul pada tsulasi mujarod dan mazid | 1. Pola Aa-i atau Mu-i untuk isim fa’il (orang yang . . . / yang . . . ) | - latihan mengguna-kan pola isim fa’il | 3 | 1-2 | sda | sda | sda | ||
sda | sda | sda | |||||||
2. Pola Ma-u atau Mu-a untuk isim maf’ul (orang yang di . . . / yang di . . . ) | - latihan menggunakan pola isim maf’ul | 3-4 | sda | sda | sda | ||||
4. Memahami pola isim makan dan isim zaman pada tsulasi mujarod dan mazid | 1. Pola yang sama untuk isim makan dan isim zaman pada majarod Ma-a atau Ma-i (tempat yang . . . / waktu yang . . .) | - latihan menggunakan isim makan dan isim zaman mujaro-rod pada Al Qur’an | 4
| 1-2 | sda | sda | sda | ||
2. Pola yang sama untuk isim makan dan isim zaman pada mazid Mu-a atau Mu-aa (tempat yang . . . / waktu yang . . .) | - latihan menggunakan isim makan dan isim jaman mazid pada Al Qur’an | 3-4 | sda | sda | sda | ||||
5. Memahami pola fi’il ta’jub (kekaguman) | 1. Dua pola fi’il ta’jub: Maa- Af’ala bihi atau Af’al bihi | - latihan pola ta’jub | 5
| 1-4 | sda | sda | sda | ||
6. Memahami pola isim tafdhil (kata bertingkat) | 1. Pola umum isim tafdhil Af’alu atau Fu’laa | - latihan pola isim tafdhil | 6 | 1-2 | sda | sda | sda | ||
2. Pola isim tafdhil yang lain | - latihan pola lain dari isim tafdhil | 3-4 |
KURIKULUM MdQ dan GARIS-GARIS BESAR PENGAJARAN (GBPP)
TAQWA Semester 4
Tujuan Kurikulum | Tujuan instruksional khusus | Bahan Pengajaran | Program | Metode | Sarana / Sumber | Penilaian | Ketetangan | ||
Pokok Bahasan | Uraian | bln | Mg | ||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 |
Santri memahami dan menghayati Al Qur’an sebagai kitab suci, dan menjadi tujuan untuk bisa menterjemahkan dan memahaminya agar dapat mengambil nilai-nilai yang tercantum pada Al Qur’an untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari dalam membentuk keimanan dan akhlak | 1. Susunan (Pokok Kalimat) Kalimat Predikat kata kerja (Fi'il – Faa'il) | 1. Fi'il dan Faa'il | - latihan untuk memahami Fi'il dan Faa'il | 1 | 1 | Latihan, tanya-jawab, | Buku Taqwa 4 | tes lisan, tes perbuatan, tugas | pada kolom 7 pilih yang cocok |
2. Faa'il isim zhohir dan isim dhomir | - Latihan untuk membedak Fa'il isim dhomir dan fa'il isim dzohir | 2-3 | sda | sda | sda | ||||
3. Tanda-tanda I'rob Faa'il (Rofa") | - Latihan untuk membedakan tanda-tanda rofa' | 4 | sda | sda | sda | ||||
2. Susunan (Pokok Kalimat) Kalimat Predikat kata benda (Mubtada – Khabar | 1. Mubtada dan Khabar Mufrad (tunggal) | - latihan untuk memahami Mubtada dan Khabar | 2 | 1-2 | sda | sda | sda | ||
2. Khabar Jumlah Fi'liyah dan Ismiyyah | - latihan untuk memahami perbedaan khabar jumlah Fi'liyyah dan jumlah Ismiyyah | 3 | 3-6 | sda | sda | sda | |||
3. Khabar Syibhul Jumlah (Jar-Majrur dan Dzorof) | - latihan untuk khabar dengan Jar – Majrur dan Dzorof | 7-8 | sda | sda | sda | ||||
3. Huruf-huruf yang masuk pada susunan Kalimat Mubtada dan Khabar (Amil Nawasikh) | 1. Kaana dan sejenisnya | - latihan untuk huruf Kaana dan yang sejenis ketika masuk mubtada - khabar | 4-5 | 1-3 | sda | sda | sda | ||
2. Inna dan sejenisnya | - latihan untuk huruf Inna dan yang sejenis ketika masuk mubtada - khabar | 4-6 | sda | sda | sda | ||||
3. Dzonna dan sejenisnya | - latihan untuk huruf Dzonna dan yang sejenis ketika masuk mubtada - khabar | 7-8 | sda | sda | sda | ||||
4. Kalimat yang I'robnya mengikuti kalimat sebelumnya | 1. Athaf | - Latihan untuk memahami makna Athaf | 6 | 1- | sda | sda | sda | ||
2. Na'at (Sifat) | - Latihan untuk memahami makna Na'at (sifat) | 2 | sda | sda | sda | ||||
3. Badal | - Latihan untuk memahami Badal (pengganti) | 3 | sda | sda | sda | ||||
4.Taukid (Penegas) | - Latihan untuk memahami Taukid | 4 | sda | sda | sda |
KURIKULUM MdQ dan GARIS-GARIS BESAR PENGAJARAN (GBPP)
TAQWA Semester 5
Tujuan Kurikulum | Tujuan instruksional khusus | Bahan Pengajaran | Program | Metode | Sarana / Sumber | Penilaian | Ketetangan | ||
Pokok Bahasan | Uraian | bln | Mg | ||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 |
Santri memahami dan menghayati Al Qur’an sebagai kitab suci, dan menjadi tujuan untuk bisa menterjemahkan dan memahaminya agar dapat mengambil nilai-nilai yang tercantum pada Al Qur’an untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari dalam membentuk keimanan dan akhlak | 1. Kedudukan Pelengkap kalimat (Maf'ul) beri'rob nasab | 1. Maf'ulun bihi (objek) | - Penjelasan dan latihan untuk memahami Badal (pengganti) | 1-2 | 1-3 | Latihan, tanya-jawab, | Buku Taqwa 5 | tes lisan, tes perbuatan, tugas | pada kolom 7 pilih yang cocok |
2. Maf'ulun Muthlak (Masdar) | - Penjelasan dan latihan memahami Masdar | 4-6 | sda | sda | sda | ||||
3. Perubahan tanwin (kata tunggal) menjadi jamak | - Latihan memahami Dzorof Jaman | 7-8 | sda | sda | sda | ||||
2. Lanjutan Kedudukan Pelengkap | 1. Maf'ulun fiihi (Dzorof Makan – Tempat) | - Latihan memahami Dzorof Makan | 3-4 | 1-3 | sda | sda | sda | ||
2. Maf'ulun lahu (Maf'ulun min Ajlih) | - Latihan memahami Maf'ulun min Ajlih | 4-6 | sda | sda | sda | ||||
3. Maf'ulun Ma'ahu | - Latihan memahami Maf'ulun Ma'ahu | 7-8 | sda | sda | sda | ||||
3. Kedudukan Pelengkap kalimat beri'rob nasab yang lainnya | 1. Hal | - Latihan memahami Hal | 5 | 1-2 | sda | sda | sda | ||
2. Tamyiz | - Latihan memahami Tamyiz | 3-4 | sda | sda | sda | ||||
4. Kedudukan Pelengkap kalimat beri'rob nasab dengan sebab huruf yang mendahu luinya. | 1. Istisna | - Latihan memahami Istisna | 6 | 1-2 | sda | sda | sda | ||
2. Munada | - Latihan memahami Munada | 3 | sda | sda | sda | ||||
3. Isim Laa nafi lil Jinsi | - Latihan memahami Laa nafi lil Jinsi | 4 | sda | sda | sda |
KURIKULUM MdQ dan GARIS-GARIS BESAR PENGAJARAN (GBPP)
TAQWA Semester 6
Tujuan Kurikulum | Tujuan instruksional khusus | Bahan Pengajaran | Program | Metode | Sarana / Sumber | Penilaian | Ketetangan | ||
Pokok Bahasan | Uraian | bln | Mg | ||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 |
Santri memahami dan menghayati Al Qur’an sebagai kitab suci, dan menjadi tujuan untuk bisa menterjemahkan dan memahaminya agar dapat mengambil nilai-nilai yang tercantum pada Al Qur’an untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari dalam membentuk keimanan dan akhlak | 1. Kaidah Terjemah Al Qur'an kedalam bahasa Indonesia "ditambahkan" | 1. ditambahkan kata "lagi" ; ditambahkan kata "hanya" | - latihan untuk menambahkan kata "lagi – hanya" pada terjemahan | 1-2 | 1-2 | Latihan, tanya-jawab, | Buku Taqwa 6 | tes lisan, tes perbuatan, tugas | pada kolom 7 pilih yang cocok |
2. ditambahkan kata "pula" ; ditambahkan kata "yang lain" | - latihan untuk menambahkan kata "pula – yang lain" pada terjemahan | 3-4 | sda | sda | sda | ||||
3. ditambahkan kata "karena" ; ditambahkan kata "lagi" | - latihan untuk menambahkan kata "karena – lagi" pada terjemahan | 5-6 | sda | sda | sda | ||||
4. ditambahkan kata "tiada" ; ditambahkan kata "saja" | - latihan untuk menambahkan kata "tiada – saja" pada terjemahan | 7-8 | |||||||
2. Kaidah Terjemah Al Qur'an ke dalam bahasa Indonesia "dibuang" | 1. huruf jar yang berbilang, makna telah pada fi'lul madhi, makna mereka dari isim maushul | - latihan untuk membuang sebagian huruf jar, dan makna mereka isim maushul pada terjemahan | 3 | 1 | sda | sda | sda | ||
2. makna "maa" isim maushul, makna lafadz "kaana", | - latihan untuk membuang makna maa dan kaana pada terjemahan | 2-3 | sda | sda | sda | ||||
3. makna isim dhomir, makna kata penegas yang berbilang | - latihan untuk membuang kata penegas pada terjemahan | 4 | sda | sda | sda | ||||
3. Kaidah Terjemah Al Qur'an ke dalam bahasa Indonesia "digeser" | 1. isim isyarat jika ada Al Ismu yang ber alif-lam, makna "maa" nafi, | - latihan untuk menggeser isim isyarat dan "maa nafi" pada terjemahan | 4 | 1 | sda | sda | sda | ||
2. makna "maa" nafi, kalimat yang terdapat setelah hurup athaf yang berbilang | - latihan untuk menggeser "maa nafi" dan kalimat setelah huruf athaf pada terjemahan | 2 | sda | sda | sda | ||||
3. makna "laa" nahyi, subjek dari kata "Kafaa" | - latihan untuk menggeser subjek dari kata "kafaa" pada terjemahan | 3-4 | sda | sda | sda | ||||
4. Kaidah Terjemah Al Qur'an ke dalam bahasa Indonesia "ditukar" | 1. makna "Alam" pada Fi'lul Mudhori, berbilang kata bermakna mereka | - latihan untuk menukar makna "Alam" dan makna mereka pada terjemahan | 5-6 | 1-2 | sda | sda | sda | ||
2. makna kata "hal", makna kata "nafi" jika bersamaan dengan huruf "illa" | - latihan untuk menukar makna "hal" dan makna nafi ketika bersama dengan "illa" pada terjemahan | 3-4 | sda | sda | sda | ||||
3. makna kata "huwa" , makna kata "haqq" | - latihan untuk menukar makna "huwa" dan makna "haqq" pada terjemahan | 5-6 | sda | sda | sda | ||||
4. makna kata "law", makna kata "in", makna kata lafadz "qoola" | - latihan untuk menukar makna "law", "in" dan makna "qoola" pada terjemahan | 7-8 | sda | sda | sda |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar