Minggu, 18 Oktober 2009

Jenis Zakat

New Page 1

110.  Dan Dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahala nya pada sisi Allah. Sesungguhnya Alah Maha melihat apa-apa yang kamu kerjakan. (Al Baqarah -2-)

 

267.  Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang kami keluarkan dari bumi untuk kamu. dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu menafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memincingkan mata terhadapnya. dan Ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji. (Al Baqarah -2-)

 

277.  Sesungguhnya orang-orang yang beriman, mengerjakan amal saleh, mendirikan shalat dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (Al Baqarah -2-)

 

180.  Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karuniaNya menyangka, bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat. dan kepunyaan Allah-lah segala warisan (yang ada) di langit dan di bumi. dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (Ali Imran -3-)

 

141.  Dan dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon korma, tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak sama (rasanya). makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah, dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan disedekahkan kepada fakir miskin); dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan. (Al An’am -6-)

 

35.  Pada hari dipanaskan emas perak itu dalam neraka Jahannam, lalu dibakar dengannya dahi mereka, Lambung dan punggung mereka (lalu dikatakan) kepada mereka: "Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, Maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu." (At Taubah -9-)

 

103.  Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan[658] dan mensucikan[659] mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. dan Allah Maha mendengar lagi Maha Mengetahui.

 

[658]  Maksudnya: zakat itu membersihkan mereka dari kekikiran dan cinta yang berlebih-lebihan kepada harta benda

[659]  Maksudnya: zakat itu menyuburkan sifat-sifat kebaikan dalam hati mereka dan memperkembangkan harta benda mereka.

 

حَدَّثَنَا أَبُو عَاصِمٍ الضَّحَّاكُ بْنُ مَخْلَدٍ عَنْ زَكَرِيَّاءَ بْنِ إِسْحَاقَ عَنْ يَحْيَى بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ صَيْفِيٍّ عَنْ أَبِي مَعْبَدٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَعَثَ مُعَاذًا رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ إِلَى الْيَمَنِ فَقَالَ ادْعُهُمْ إِلَى شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنِّي رَسُولُ اللَّهِ فَإِنْ هُمْ أَطَاعُوا لِذَلِكَ فَأَعْلِمْهُمْ أَنَّ اللَّهَ قَدْ افْتَرَضَ عَلَيْهِمْ خَمْسَ صَلَوَاتٍ فِي كُلِّ يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ فَإِنْ هُمْ أَطَاعُوا لِذَلِكَ فَأَعْلِمْهُمْ أَنَّ اللَّهَ افْتَرَضَ عَلَيْهِمْ صَدَقَةً فِي أَمْوَالِهِمْ تُؤْخَذُ مِنْ أَغْنِيَائِهِمْ وَتُرَدُّ عَلَى فُقَرَائِهِمْ (البخارى)

Telah menceritakan kepada kami (1) Abu Ashim Adhohak bin Makhlad dari (2) Zakaria bin Ishaq dari (3) Yahya bin Abdillah bin Shoyfi dari (4) Abi Ma’bad dari (5) Ibn Abbas, sesungguhnya Rasulullah SAW mengutus Muadz ke Yaman, maka Rasul bersabda: “ Ajaklah mereka untuk bersahadat bahwanya tidak ada Tuhan kecuali Allah dan Aku adalah utusan Allah, jika mereka telah taat; ajarkanlah bahwasanya Allah telah mewajibkan shalat lima waktu dalam satu hari satu malam, jika mereka taat; ajarkan sesungguhnya Allah telah mewajibkan shodakoh (zakat) dalam harta mereka; diambil dari orang-orang kaya dan diserahkan kepada orang-orang yang miskin” (Bukhari -1308-)

 

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْمُثَنَّى الْأَنْصَارِيُّ قَالَ حَدَّثَنِي أَبِي قَالَ حَدَّثَنِي ثُمَامَةُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَنَسٍ أَنَّ أَنَسًا حَدَّثَهُ أَنَّ أَبَا بَكْرٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ كَتَبَ لَهُ هَذَا الْكِتَابَ لَمَّا وَجَّهَهُ إِلَى الْبَحْرَيْنِ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ هَذِهِ فَرِيضَةُ الصَّدَقَةِ الَّتِي فَرَضَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى الْمُسْلِمِينَ وَالَّتِي أَمَرَ اللَّهُ بِهَا رَسُولَهُ فَمَنْ سُئِلَهَا مِنْ الْمُسْلِمِينَ عَلَى وَجْهِهَا فَلْيُعْطِهَا وَمَنْ سُئِلَ فَوْقَهَا فَلَا يُعْطِ فِي أَرْبَعٍ وَعِشْرِينَ مِنْ الْإِبِلِ فَمَا دُونَهَا مِنْ الْغَنَمِ مِنْ كُلِّ خَمْسٍ شَاةٌ إِذَا بَلَغَتْ خَمْسًا وَعِشْرِينَ إِلَى خَمْسٍ وَثَلَاثِينَ فَفِيهَا بِنْتُ مَخَاضٍ أُنْثَى فَإِذَا بَلَغَتْ سِتًّا وَثَلَاثِينَ إِلَى خَمْسٍ وَأَرْبَعِينَ فَفِيهَا بِنْتُ لَبُونٍ أُنْثَى فَإِذَا بَلَغَتْ سِتًّا وَأَرْبَعِينَ إِلَى سِتِّينَ فَفِيهَا حِقَّةٌ طَرُوقَةُ الْجَمَلِ فَإِذَا بَلَغَتْ وَاحِدَةً وَسِتِّينَ إِلَى خَمْسٍ وَسَبْعِينَ فَفِيهَا جَذَعَةٌ فَإِذَا بَلَغَتْ يَعْنِي سِتًّا وَسَبْعِينَ إِلَى تِسْعِينَ فَفِيهَا بِنْتَا لَبُونٍ فَإِذَا بَلَغَتْ إِحْدَى وَتِسْعِينَ إِلَى عِشْرِينَ وَمِائَةٍ فَفِيهَا حِقَّتَانِ طَرُوقَتَا الْجَمَلِ فَإِذَا زَادَتْ عَلَى عِشْرِينَ وَمِائَةٍ فَفِي كُلِّ أَرْبَعِينَ بِنْتُ لَبُونٍ وَفِي كُلِّ خَمْسِينَ حِقَّةٌ وَمَنْ لَمْ يَكُنْ مَعَهُ إِلَّا أَرْبَعٌ مِنْ الْإِبِلِ فَلَيْسَ فِيهَا صَدَقَةٌ إِلَّا أَنْ يَشَاءَ رَبُّهَا فَإِذَا بَلَغَتْ خَمْسًا مِنْ الْإِبِلِ فَفِيهَا شَاةٌ وَفِي صَدَقَةِ الْغَنَمِ فِي سَائِمَتِهَا إِذَا كَانَتْ أَرْبَعِينَ إِلَى عِشْرِينَ وَمِائَةٍ شَاةٌ فَإِذَا زَادَتْ عَلَى عِشْرِينَ وَمِائَةٍ إِلَى مِائَتَيْنِ شَاتَانِ فَإِذَا زَادَتْ عَلَى مِائَتَيْنِ إِلَى ثَلَاثِ مِائَةٍ فَفِيهَا ثَلَاثُ شِيَاهٍ فَإِذَا زَادَتْ عَلَى ثَلَاثِ مِائَةٍ فَفِي كُلِّ مِائَةٍ شَاةٌ فَإِذَا كَانَتْ سَائِمَةُ الرَّجُلِ نَاقِصَةً مِنْ أَرْبَعِينَ شَاةً وَاحِدَةً فَلَيْسَ فِيهَا صَدَقَةٌ إِلَّا أَنْ يَشَاءَ رَبُّهَا وَفِي الرِّقَّةِ رُبْعُ الْعُشْرِ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ إِلَّا تِسْعِينَ وَمِائَةً فَلَيْسَ فِيهَا شَيْءٌ إِلَّا أَنْ يَشَاءَ رَبُّهَا (البخارى)

Telah menceritakan kepada kami (1) Muhammad bin Abdillah bin Al Mutsanna Al Anshoriy, katanya telah menceritakan kepada saya (2) Bapak saya, katanya telah menceritakan kepada saya (3) Tsumamah bin Abdillah bin Annas; sesungguhnya (4) Annas telah menceritakan kepadanya bahwa (5) Abu Bakr telah menulis kepadanya ketika dia diutus ke Bahrain: “ Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi maha Penyayang. Ini adalah kewajiban zakat yang difardhukan oleh Rasulullah SAW atas muslimin, dan yang diperintahkan Allah kepada Rasul-Nya yaitu: Onta: pada tiap-tiap 5-24 onta, zakatnya 1 kambing. Tiap 25-35 onta, zakatnya 1 anak onta betina yang umurnya masuk tahun kedua atau 1 anak onta jantan yang umurnya masuk tahun ketiga. Tiap 36-45 onta, zakatnya 1 anak onta betina yang umurnya masuk tahun ketiga. Tiap 46-60 onta, zakatnya 1 onta betina yang umurnya masuk tahun keempat. Tiap 61-75 onta, zakatnya 1 onta betina yang umurnya masuk tahun ke lima. Tiap 76-90 onta, zakatnya 2 anak onta betina yang umurnya masuk tahun ketiga. Tiap 91-120 onta, zakatnya 2 onta yang umurnya masuk tahun keempat. Jika lebih dari 120 . . .  + 40 onta, zakatnya 1 onta yang menginjak tahun ketiga sedangkan jika 120 . . .   + 50 onta, zakatnya 1 onta yang umurnya masuk tahun keempat. Dan jika memiliki onta kurang dari 5 ekor maka tidak wajib zakat padanya kecuali bersedekah.

Kambing, Tiap 40-120 ekor kambing, zakatnya, zakatnya 1 kambing. 120-200 ekor kambing, zakatnya 2 kambing. Tiap 200-300 ekor kambing, zakatnya 3 ekor kambing. Jika lebih dari 300 . . .  +100 ekor, zakatnya 1 kambing. Dan jika memiliki kambing kurang dari 40 ekor maka tidak ada zakatnya.

Perak. 200 dirham zakatnya 2,5 % . (Bukhari -1362-)

 

و حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى التَّمِيمِيُّ قَالَ قَرَأْتُ عَلَى مَالِكٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ دِينَارٍ عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ يَسَارٍ عَنْ عِرَاكِ بْنِ مَالِكٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَيْسَ عَلَى الْمُسْلِمِ فِي عَبْدِهِ وَلَا فَرَسِهِ صَدَقَةٌ (مسلم)

Menceritakan kepada kami (1) Yahya bin Yahya Attamimiy, katanya aku membaca dari (2) Malik dari (3) Abdillah  bin Binar dari (4) Sulaiman bin Yasat dari (5) Irok bin Abi Hurairoh sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada sodaqoh pada Hamba sahaya dan pada kuda”

(Muslim -1631-)

 

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ قَالَ قَرَأْتُ عَلَى مَالِكِ بْنِ أَنَسٍ عَنْ عَمْرِو بْنِ يَحْيَى الْمَازِنِيِّ عَنْ أَبِيهِ قَالَ سَمِعْتُ أَبَا سَعِيدٍ الْخُدْرِيَّ يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيْسَ فِيمَا دُونَ خَمْسِ ذَوْدٍ صَدَقَةٌ وَلَيْسَ فِيمَا دُونَ خَمْسِ أَوَاقٍ صَدَقَةٌ وَلَيْسَ فِيمَا دُونَ خَمْسَةِ أَوْسُقٍ صَدَقَةٌ (أبو داود)

 

Telah menceritakan kepada kami (1) Abdillah bin Maslamah, katanya aku membaca dari (2) Malik bin Anas dari (3) Umar bin Yahya Al Mazaniy dari (4) Bapaknya, katanya aku mendengar  dari (5) Abi Said Al Khudriy, katanya Rasulullah SAW bersabda: “ Tidak ada zakat pada onta yang kurang dari lima ekor, tidak ada zakat perak yang kurang dari lima Uqiyah (624 gram) dan tidak ada zakat pada biji-biji makanan yang kurang dari lima wasq ( 930 liter) (Abu Daud 1332)

 

حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ دَاوُدَ الْمَهْرِيُّ أَخْبَرَنَا ابْنُ وَهْبٍ أَخْبَرَنِي جَرِيرُ بْنُ حَازِمٍ وَسَمَّى آخَرَ عَنْ أَبِي إِسْحَقَ عَنْ عَاصِمِ بْنِ ضَمْرَةَ وَالْحَارِثِ الْأَعْوَرِ عَنْ عَلِيٍّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِبَعْضِ أَوَّلِ هَذَا الْحَدِيثِ قَالَ فَإِذَا كَانَتْ لَكَ مِائَتَا دِرْهَمٍ وَحَالَ عَلَيْهَا الْحَوْلُ فَفِيهَا خَمْسَةُ دَرَاهِمَ وَلَيْسَ عَلَيْكَ شَيْءٌ يَعْنِي فِي الذَّهَبِ حَتَّى يَكُونَ لَكَ عِشْرُونَ دِينَارًا فَإِذَا كَانَ لَكَ عِشْرُونَ دِينَارًا وَحَالَ عَلَيْهَا الْحَوْلُ فَفِيهَا نِصْفُ دِينَارٍ فَمَا زَادَ فَبِحِسَابِ ذَلِكَ (أبو داود)

Telah menceritakan kepada kami (1) Sulaiman bin Daud Al Mahriy, telah mengabarkan kepada kami (2) Ibn Wahb, telah mengabarkan kepada saya (3) Jarir bin Hazim / Abi Ishaq dari (4) Ashim bin Dhomroh dan Harits Al A’war dari (5) Ali bin Abi Tholib dari Nabi SAW, beliau bersabda: “Jika ada bagimu 200 dirham dan liwat satu tahun, maka (zakatnya) lima dirham dan tidak ada kewajiban zakat emas jika belum mencapai 20 dinar (93,6 gram), dan jika telah sampai 20 dinar dan telah liwat satau tahun, zakatnya setengah dinar

 

حَدَّثَنِي أَبُو الطَّاهِرِ أَحْمَدُ بْنُ عَمْرِو بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ سَرْحٍ وَهَارُونُ بْنُ سَعِيدٍ الْأَيْلِيُّ وَعَمْرُو بْنُ سَوَّادٍ وَالْوَلِيدُ بْنُ شُجَاعٍ كُلُّهُمْ عَنْ ابْنِ وَهْبٍ قَالَ أَبُو الطَّاهِرِ أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ وَهْبٍ عَنْ عَمْرِو بْنِ الْحَارِثِ أَنَّ أَبَا الزُّبَيْرِ حَدَّثَهُ أَنَّهُ سَمِعَ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ يَذْكُرُ أَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ فِيمَا سَقَتْ الْأَنْهَارُ وَالْغَيْمُ الْعُشُورُ وَفِيمَا سُقِيَ بِالسَّانِيَةِ نِصْفُ الْعُشْرِ (مسلم)

 

Telah menceritakan kepada saya (1) Abu Thohir Ahmad bin Amr bin Abdillah bin Amr bin Sarh, Harun bin Said Ayliy, Amr bin Sawwad dan Walid bin Sujai dari (2) Ibn Wahb, telah berkata (3) Abu Thohir, telah mengabarkan kepada kami (4) Abdullah bin Wahb dari (5) Amr bin Al harits sesunguhnya (6) Abu Zubair menceritakan bahwasanya dia mendengar (7) Jabir bin Abdillah mendengar dari Nabi SAW bersabda: “Pada biji yang diari dengan air sungai dan hujan zakatnya 10%, sedangkan jika diari dengan kincir ditarik oleh bintang, zakatnya 5% (Muslim 1630)

 

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عِيسَى حَدَّثَنَا عَتَّابٌ يَعْنِي ابْنَ بَشِيرٍ عَنْ ثَابِتِ بْنِ عَجْلَانَ عَنْ عَطَاءٍ عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ قَالَتْ كُنْتُ أَلْبَسُ أَوْضَاحًا مِنْ ذَهَبٍ فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَكَنْزٌ هُوَ فَقَالَ مَا بَلَغَ أَنْ تُؤَدَّى زَكَاتُهُ فَزُكِّيَ فَلَيْسَ بِكَنْزٍ (أبو داود)

Telah menceritakan kepada kami (1) Muhammad bin Isya telah menceritakan kepada kami (2) Atab (Ibn Sirin) dari (3) Tsabit bin A’jlan dari (4) Atho dari (5) Umi Salamah katanya: Suatu hari aku memakai kalung dari emas, aku berkata Wahai Rasulullah: apakah ini termasuk simpanan ? Rasulullah SAW menjawab: “Jika engkau telah tunaikan zakatnya maka ia bukanlah simpanan !(Abu Daud 1337)

 

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ دَاوُدَ بْنِ سُفْيَانَ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ حَسَّانَ حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ مُوسَى أَبُو دَاوُدَ حَدَّثَنَا جَعْفَرُ بْنُ سَعْدِ بْنِ سَمُرَةَ بْنِ جُنْدُبٍ حَدَّثَنِي خُبَيْبُ بْنُ سُلَيْمَانَ عَنْ أَبِيهِ سُلَيْمَانَ عَنْ سَمُرَةَ بْنِ جُنْدُبٍ قَالَ أَمَّا بَعْدُ فَإِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَأْمُرُنَا أَنْ نُخْرِجَ الصَّدَقَةَ مِنْ الَّذِي نُعِدُّ لِلْبَيْعِ (أبو داود)

 

Telah menceritakan kepada kami (1) Muhamad bin Daud bin Syufyan, telah menceritakan kepada kami (2) Yahya bin Hassan, telah menceritakan kepada kami (3) Sulaiman bin Musa Abu Daud, telah menceritakan kepada kami (4) Za’far bin Sa’d bin Sumroh bin Jundab, telah menceritakan kepada saya Khubaib bin Sulaiamn dari (5) Bapaknya dari (6) Samuroh bin Zundab katanya Rasulullah SAW menyuruh kami mengeluarkan zakat dari sesuatu yang kami siapkan untuk berniaga (Abu Daud 1335)

 

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ أَخْبَرَنَا سَعِيدُ بْنُ مَنْصُورٍ حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ بْنُ زَكَرِيَّا عَنْ الْحَجَّاجِ بْنِ دِينَارٍ عَنْ الْحَكَمِ بْنِ عُتَيْبَةَ عَنْ حُجَيَّةَ بْنِ عَدِيٍّ عَنْ عَلِيٍّ أَنَّ الْعَبَّاسَ سَأَلَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي تَعْجِيلِ صَدَقَتِهِ قَبْلَ أَنْ تَحِلَّ فَرَخَّصَ لَهُ فِي ذَلِكَ (الترمذى)

Telah menceritakan kepada kami  (1) Abdullah bin Abdirohman, telah mengabarkan kepada kami (2) Saiid bin Manshur, telah menceritakan kepada kami (3) Ismail bin Zakaria dari (4) Al Hajjaaj bin Dinar dari (5) Al Hakam bin Uthaibah dari (6) Hujayyah bin Adiy dari (7) Aliy sesungguhnya Al Abbas bertanya kepada Raulullah SAW tentang menyegerakan membayar zakat sebelum waktunya, dan Rasulullah memperbolehkannya. (At Tirmidzi 614)

 

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي عَدِيٍّ عَنْ ابْنِ إِسْحَقَ عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا جَلَبَ وَلَا جَنَبَ وَلَا تُؤْخَذُ صَدَقَاتُهُمْ إِلَّا فِي دُورِهِمْ (أبو داود)

Telah menceritakan kepada kepada kami (1) Qutaibah bin Saiid, telah menceritakan kepada kami (2) Ibn Abi Adiy dari (3) Ibn Ishaq dari (4) Amr bin Syuaib dari (5) Bapaknya dari (6) Kakeknya dari Nabi SAW: Tidaklah diambil zakat kecuali didatangi rumah-rumah mereka (Abu Daud 1357)

 

حَدَّثَنَا مَحْمُودُ بْنُ خَالِدٍ الدِّمَشْقِيُّ وَعَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ السَّمْرَقَنْدِيُّ قَالَا حَدَّثَنَا مَرْوَانُ قَالَ عَبْدُ اللَّهِ حَدَّثَنَا أَبُو يَزِيدَ الْخَوْلَانِيُّ وَكَانَ شَيْخَ صِدْقٍ وَكَانَ ابْنُ وَهْبٍ يَرْوِي عَنْهُ حَدَّثَنَا سَيَّارُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ قَالَ مَحْمُودٌ الصَّدَفِيُّ عَنْ عِكْرِمَةَ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ فَرَضَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ زَكَاةَ الْفِطْرِ طُهْرَةً لِلصَّائِمِ مِنْ اللَّغْوِ وَالرَّفَثِ وَطُعْمَةً لِلْمَسَاكِينِ مَنْ أَدَّاهَا قَبْلَ الصَّلَاةِ فَهِيَ زَكَاةٌ مَقْبُولَةٌ وَمَنْ أَدَّاهَا بَعْدَ الصَّلَاةِ فَهِيَ صَدَقَةٌ مِنْ الصَّدَقَاتِ (أبو داود)

Telah menceritakan kepada kami (1) Mahmud bin Khalid Ad Damsyiqiy dan Abdillah bin Abdirrohman As Samarqondiy, katanya telah menceritakan kepada kami (2) Marwan, telah berkata (3) Abdullah, telah menceritakan kepada kami (4) Abu Yazid Al Khaulaniy, telah menceritakan kepada kami (5) Sayyar bin Abdirrohman dari (6) Ikrimah dari (7) Ibn Abbas, katanya: Rasulullah SAW telah memfardhukan zakat fitrah sebagai pembersih bagi orang yang berpuasa dari perbuatan “Lagwu dan Rofas” dan sebagai kepedulian memberika makan untuk orang-orang miskin. Maka barang siapa yang menunaikan sebelum shalat maka disebut Zakat Fitrah, sedangkan jika ditunaikan setelah shalat maka disebut sodaqoh sunah. (Abu Daud 1371) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar