Selasa, 13 Oktober 2009

Permainan 31-35

Nama Permainan: Percakapan Dua Tokoh
Sasaran:
  • Santri usia 9-11 tahun
  • Waktu: 20 –30 menit
Tujuan:
  • Melatih kepekaan emosional menjadi seorang tokoh
Bahan-bahan:
  • Kartu B3Q dengan Terjemah Al Qur’an Depag
  • Teks dialog dua orang tokoh dalam kisah Al Qur’an
  • Alat rekaman seperti tape recorder dan kasetnya
Langkah-langkah:
  1. Permainan ini seperti bermain teater, terutama dialog
  2. Pilih dua orang anak untuk menjadi tokoh-tokoh tertentu, misalnya Sebagai Nabi Musa dan Nabi Khidir, Nabi Ibrohim dan Namrudz, Habil dan Kabil
  3. Berikan teks percakapannya kepada peserta untuk dipelajari dan dikuasai sangat baik
  4. Diakhir kegiatan disebutkan sumber percakapan itu terdapat dalam Al Qur’an (informasikan surat dan ayatnya)
  5. Ajukan perasaan dan pendapat anak-anak setelah melakukan peran tokoh tertentu dalam percakapan tersebut.
Nama Permainan: Melanjutkan Kisah Al Qur’an Bagian I
Sasaran:
  • Santri usia 7-12 tahun
  • Waktu: 15 menit
Tujuan:
  1. Meningkatkan apresiasi terhadap kisah-kisah Al Qur’an
  2. Mampu menyusun kalimat sendiri tentang suatu kisah
Bahan-bahan:
  1. Kartu B3Q
  2. Kertas ukuran kartu pos sebanyak 15 lembar yang isinya 2-3 kalimat tentang kisah, misalnya kisah Kurban atas Ismail oleh Ibrohim. Berilah nomor 1 untuk kartu pos pertama dan nomor 15 untuk kartu pos kisah yang terakhir Bagi ke-15 kartu pos potongan kisah itu kesemua anak, masing-masing satu buah. Mintalah mereka untuk membaca terlebih dahulu masing-masing kartu posnya, selama 5 menit. Tugaskan untuk memperkirakan siapa yang menjadi urutan ke 1, 2, 3, 4, 5 dan seterusnya. Santri yang diperkirakan mendapat kisah yang pertama dipersilahkan untuk mebacakan isi kalimat di dalamnya. Setelah itu mintalah santri lain untuk melanjutkan ke urutan 2, 3, 4 dan seterusnya Pada saat giliran, semua peserta menilai apakah urutannya sudah benar. Jika belum mintalah peserta lin untuk menggantikannya. Akhir permainan ini tersusun rangkaian kartu pos kisah yang dibacakan secara bergiliran oleh setiap anak.
Nama Permainan: Melanjutkan Kisah Al Qur’n Bagian II
Sasaran:
  • Santri usia 8-10 tahun
  • Waktu: 30 melit
Tujuan:
  1. Meningkatkan daya ingat anak pada kisah Al Qur’an
  2. Melatih kemampuan berkomunikasi menyususn kalimat-kalimat baru
Bahan-bahan:
  • Katu B3Q
  • Rangkaian kisah episode X, Y, Z, misalnya tentang Ismail Gambar kisah episode Ismail
Langkah-langkah:
  1. Ajaklah peserta untuk memperhatikan sebuah gambar episode kisah terpilih
  2. Jelaskan bahwa tugas peserta adalah melanjutkan kisah yang disampaikan oleh temannya. Tanyakan apakah mereka sudah mendengar kisah tersebut. Jika belum, sebaiknya kita membuat ringkasan kisahnya kepada mereka.
  3. Sebagai contoh, sebaiknya kita mengawalinya, misal, ”Alkisah, Ismail dipanggil sang ayah, Ibrahim.”Nak, mendekatlah ke sini, Ayah ingin berbicara berdua denganmu!”Mintalah salah seorang santri untuk melanjutkannya.
Nama Permaina: Kartu Gambar Hewan dalam Al Qur’an
Sasaran:
  • Santri usia 5-10 tahun
  • Waktu: 30 menit
Tujuan:
  1. Mengenal nama-nama hewan dalam Al Qur’an
  2. Mengenal kisah hewan dalam Al Qur’an
Bahan-bahan:
  • Kartu B3Q yang bergambar hewan yang ada dalam Al Qur’an (Misalnya, Sapi, Semut, dll).
  • Usahakan gambarnya berwarna.
Langkah-langkah:
  1. Ajaklah santri untuk memperhatikan kartu-kartu yang bergambar hewan.
  2. Ajukan berbagai pertanyaan tentang hewan tersebut. Pertanyaan tersebut dari berbagai macam segi termasuk sains.
  3. Di sela-sela Tanya-jawab tersebut, jelaskan kaitannya dengan nama-nama surat dalam Al Qur’an. Misalnya: nama surat dan nomornya, kisahnya dan sebagainya.
Nama Permainan: Menebak Tokoh Kisah
  • Sasaran: Santri usia 7-10 tahun
  • Waktu: 10-30 menit
Tujuan:
  1. Meningkatkan kemampuan menjekaskan dengan efektif dan tepat
  2. Mengenal lebih dekat dengan tokoh-tokoh Al Qur’an
Bahan-bahan:
  • Kartu B3Q berisi tentang nama-nama tokoh dalam kisah
Langkah-langkah:
  1. Bagilah setiap santri dalam kelompok kecil (4-5 orang)
  2. Setiap kelompok akan mendapatkan 4 kartu pos yang diberikan kepada salah seorang anggotanya
  3. Cara permainannya, peserta pertama akan menunjukan kartu pos pertama kepada anggota nomor 2. Tugas nomor 2 mendeskripsikan isi kartu pos itu tanpa boleh menyebutkan nama dalam kartu pos tersebut. Peserta nomor 3 adalah menjawabnya, dalam waktu 1-2 menit. Jika dalam waktu itu tidak dapat menjawabnya, kartu itu diberikan kepada nomor 4. Tugas nomor 4 adalah menjawabnya. Jika tidak bisa, berarti nilai kelompok itu nol. Sebaliknya, jika dapat menjawabnya, jatah kartu pos tersebut terus digulirkan untuk dijawab oleh setiap anggota kelompok secara bergiliran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar