Selasa, 13 Oktober 2009

Permainan 36-40

Nama Permainan: Perumpamaan dalam Al Qur’an

Sasran:
  • Santri usiaa 6-10 tahun
  • Waktu: 15 menit
Tujuan:
  • Mengenal ayat-ayat yang berisi perumpamaan
Bahan-bahan:
  1. Kartu B3Q yang berisi perumpamaan dalam Al Qur’n
  2. Kartu perumpamaan yang isinya sbb: [20:10] yang berarti letaknya dalam surat ke 20 dan ayat 10.
  3. Jumlah kartu disesuaikan dengan berapa ayat perumpamaan yang hendak dikenalkan, misalnya 10-20
    Al Qur’an dan terjemahannya
Langkah-langkah:
  1. Jelaskan pengertia dan fungsi praktis perumpamaan secara umum dan khususnya perumpamaan dalam Al Qur’an
  2. Berilah beberapa contoh ayat perumpamaan tersebut. Misalnya tentang, “Perumpamaan makan orang kafir seperti apa dan bagaimana”
  3. Dengan contoh itu, peserta diajak berimajinasi dengan perumpamaan itu
  4. Tahap kedua, mintalah secara bergilir para santri untuk mengambil kartu perumpamaan yang telah disiapkan.
  5. Setiap kali mengambil kartu, maka peserta tersebut harus membuka Al Qur’an dan terjemahannya untuk mengetahui isi perumpamaan yang dimaksud.
  6. Setiap selesai membaca isi terjemahan ayat perumpamaan, santri harus menjawab pertanyaan dari Ustadz seputar peumpamaan tersebut. Apa pendapat santri dan bagaiman imajinasinya ?
Nama Permainan: Hubungan Makna Urutan Nama Surat

Sasaran:
  • Santri usia 10-12 tahun
  • Waktu: 15 menit
Tujuan:
  1. Menemukan kemungkinan adanya hubungan makna dalam urutan nama-nama surat
  2. Meningkatkan daya imajinasi dan kreatifitas

Bahan-bahan:

  • Kartu B3Q

Langkah-langkah:

Jelaskan bahwa penamaan sebuah surat memiliki hubungan makna yang erat, antara nomor 1, 2, 3, 4, dan seterusnya, sehingga mempunyai rangkaian penjelasan yang bermakna

Berikan contoh pertama, misalnya rangkaian nomor surat 2 (Al Baqarah) – 7 (Al A’raf).Penjelasannya demikian, cari hubungan yang mungkin antara Sapi Betina dan Ali Imran. Sapi Betina mengingatkan kita pada proses pengambilan air susu sapi yang menyehatkan pertumbuhan anak di kala bayi. Sedangkan Ali Imran yang artinya keluarga Imran mengingatkan peran penting sebuah keluarga bagi seorang anak yang sedang tumbuh kembang. Surat ke-4 yaitu An Nisa yang artinya wanita atau perempuan mengingatkan tentang penting dan mulianya tugas seorang wanita, sebagai seorang Ibu bagi pendidikan anak-anak dalam sebuah keluarga. Surat ke-5 Al Maidah artinya Hidangan mengingatkan tentang pentingnya tugas ibu dalam mengolah dan menyajikan suatu makanan bagi kesehatan jasmani dan ruhani anak. Surat ke-6 Al An’am artinya Hewan menyadarkan bahwa makanan yang dihidangkan itu harus diarahkan agar anak-anak terjaga dari sifat-sifat hewan ternak khususnya. Maka dengan hilangnya sifat-sifat hewan pada diri anak-anak diharapkan mereka akan menjadi manusia yang unggul, karena ketinggian iman dan ilmunya sebagaimana yang dimaksudkan dalam urutan surat ke-7 Al A’raf artinya tempat tertinggi.Apa yang diuraikan dalam bagian ke-2 itu, merupakan salah satu kemungkinan pemaknaan hubungan antara nama-nama surat secara berurutan. Masih terbuka kemungkinan lain hubungan pemaknaan pada rangkaian nama dalam nomor surat secara berurutan itu. Pada akhirnya anak-anak diberi kesempatan terbuka untuk melakukan imajinasi pemaknaan sesuai dengan taraf berpikirnya.

Permainan: Menemukan Allah dalam Al Qur’an

Sasaran:

  • Santri usia 7-9 tahun
  • Waktu: 5-10 menit

Tujuan:

  • Melatih ketepatan menemukan kata penting dalam ayat-ayat Al Qur’an

Bahan-bahan:

  • Tulisan lafazd “Allah” dalam ukuran besar.

Langkah-langkah:

  1. Mintalah anak-anak membentuk lingkaran sesuai jumlahnya.
  2. Siapkan semua anak memegang Al Qur’an
  3. Berikan perintah atau aba-aba untuk membuka Al Qur’an surat tertentu. Misalnya surat Al Maidah.
  4. Jelaskan tugasnya yaitu mencari lafazd “Allah” sebanyak yang ada dalam surat itu. Tentukan waktu pencariannya selama 3-5 menit
  5. Diakhir kegiatan, ajukan pertanyaan mengenai berap jumlah lafzd “Allah” yang disebut dalam surat tersebut. Ajukan pemahaman lain di seputar pemahamannya tentang Allah


Nama Permainan: Asmaul Husna Dalam Al Qur’an

Sasaran:

  • Santri usia 7-10 tahun
  • Waktu: 10-30 menit

Tujuan:

  • Mengenal Asmaul Husna dan pengertiannya dalam Al Qur’an

Bahan-bahan:

  1. Daftar 99 Asmaul Husna dalam sebuah karton manila besar yang ditempel di muka peserta
  2. Al Qur’an dan terjemahnnya

Langkah-langkah:

  1. Jelaskan pengertian Asmaul Husna secara sepintas.
  2. Tunjukan daftar 99 Asmaul Husna yang telah disiapkan lebih dahulu
  3. Mintalah santri untuk membuka Al Qur’an dengan meminta membuka beberapa surat yang berbeda untuk tiap anak. Jika ada 10 orang anak berarti 10 nomor surat.
  4. Mintalah setiap anak untuk meneliti ayat-ayat untuk menemukan Asmaul Husna
  5. Dalam proses kegiatan, kita membimbing anak untuk menemukan Asmaul Husna sekaligus memberikan penjelasan arti harfiahnya dan pemaknaannya

Nama Permainan: Jumlah Nama Surat Berawalan Al-

Sasaran:

  • Santri usia 7-8 tahun
  • Waktu: 25 menit

Tujuan:

  • Melatih keterampilan mengamati untuk mengenal nama-nama surat.

Bahan-bahan:

  1. Kartu B3Q dan Al Qur’an dan Terjemahnya
  2. Kertas HVS sebanyak jumlah peserta

Langkah-langkah:

  1. Jelaskan tentang isi fisik Al Qur’an, misalnya tentang jumlah surat, ayat dan cirri-ciri lainnya.
  2. Mintalah mereka mengamati ke-114 surat, untuk mencatat apa dan berapa nama surat yang menggunakan awalan Al-.
  3. Inventarisasi dan tuliskan pada kertas HVS yang disediakan.
  4. Jika sudah selesai, ajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya dan apa yang mungkin terpikirkan oleh mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar